Jurusan Gizi

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 5 September 2016 , oleh angga , pada kategori Info gizi

Diet Tetap Makan Enak….. Bisakah???

Oleh : Dian Handayani, PhD

diet

Seringkali saya mendengar “aduh..aku nggak bisa makan pizza nie,…lagi diet …..” Atau “ Kalau week end diet ku gagal total deh…., aku nggak bisa nahan liat temen-temen makan French fries…, ice cream…, masak aku mau liat aja, ya pasti nggak lah…ikut makan deh…”

Sebenarnya seperti apa sih diet itu ? bener nggak harus menghindari itu semua…dan sampai kapan harus “menderita” dengan menghidari makanan “nikmat” itu semua ?

Diet sebenarnya adalah mengatur makan. Mengatur agar makanan yang masuk sesuai dengan jumlah yang akan dikeluarkan. Setiap orang membutuhkan asupan energi yang spesifik yang dapat dihitung dengan cermat oleh seorang ahli gizi. Setelah kita tahu kebutuhan asupan energi kita maka akan mudah bagi kita mengatur jumlah asupan makanan kita.

Setelah anda tahu total kebutuhan sehari maka anda bisa memperkirakan berapa kebutuhan perkali makan. Ini sangat tergantung dengan pola makan anda, apakah anda terbiasa makan 2 atau 3 atau 4 atau bahkan 5 kali sehari. Bila anda sudah bisa mengetahui bahwa kebutuhan anda sekali makan 300 kalori saja, maka pilihlah makanan-makanan yang jumlah kalorinya sebesar 300 kalori.  Mudah bukan ? Sekedar gambaran kasar, 1 potong cake mengandung kalori sekitar 200 – 250 Kcal; 1 buah besar apel ukuran 150 g mengandung 100 Kcal, 1 slice pizza mengandung 150 Kcal dan seterusnya

Yang perlu dipahami lebih lanjut adalah persentase zat gizi makro dalam makanan. Persentase zat gizi makanan sehat adalah ± 15% protein, ± 25-30% lemak dan ± 50-60% karbohidrat. Perhitungan presentasi ini sedikit rumit, sekedar gambaran, bila anda terlalu sering mengkonsumsi cake, maka pilihan anda menjadi tidak tepat karena persentase terbesar dalam sepotong cake lebih dari 40%  meskipun cake tersebut masih memenuhi jumlah kalori yang anda butuhkan (1 buah tart potong ± 200 – 250 Kcal).  Demikian juga kalau karena kekhawatiran anda mengkonsumsi makanan berlemak kemudian mengalihkan semua bentuk makanan ke kelompok sayuran dan buah saja, maka anda akan kurang asupan lemak dan protein yang dibutuhkan. Hal ini disebabkan dalam 100 g sayur atau buah hanya mengandung 50 Kcal dan hampir tidak terkandung lemak dan protein di dalamnya.

Untuk menghindari komposisi at gizi yang tidak seimbang maka makanlah makanan yang beragam. Anda bisa mengkombinasikan sendiri diet sehat yang anda rencanakan, misalnya anda tetap makan 1 cake hari ini, kurangi konsumsi lauk yang di goreng dan nasi, jangan tinggalkan makan buah dan sayur.

Seringkali kita mengeluh…” sudah makan dibatasi kok nggak turun-turun ya berat badanku…”.  Okay…bila problem nya seperti itu, saya “tantang “ anda untuk menuliskan apa saja yang sudah anda makan dalam sehari. Seringkali kita memakan makanan yang komposisinya tidak berimbang dan tidak sehat serta berlebih dari kebutuhan anda. Kalaupun anda merasa sudah membatasi makanan yang menurut anda bermasalah seperti “cake, pizza, ice cream” pertanyaan saya berapa lama anda menghindari itu….. Cobalah evaluasi kembali diet anda dengan me”record” semua makanan yang anda makan, kemudian lakukan analisa apakah sudah cukup buah dan sayur (asupan buah sebaiknya 300 g perhari dan sayur 300 g per hari), sudahkah anda minum cukup air putih atau anda lebih memilih minum minuman manis yang di “claim”  mengandung banyak vitamin, atau mungkin green tea yang melangsingkan namun tetap disajikan dengan tambahan gula yang cukup banyak ? Berapa kali atau berapa botol anda minum-minuman kemasan manis dalam sehari….coba cek berapa kalori yang terkandung dalam minuman tersebut…..Lakukan evaluasi diet anda ini secar rutin, saya yakin anda akan termotivasi melakukan pengurangan asupan makan dengan sendirinya, karena mungkin anda terpesona  dengan banyaknya kalori tersembunyi yang tidak anda sadari sudah masuk dalam tubuh anda. Apabila diet anda sudah terprogram, maka jumlah kalori yang masuh dalam tubuh harus benar-benar seuai dengan perhitungan yang telah direncanakan

Dari uraian di atas, bila anda ingin sehat dan diet tetap terjaga, makanlah makanan yang beragam, artinya variasi makanan harus lengkap, ada sayur, buah, makanan sumber lemak, sumber protein dan karbohidrat dalam jumlah berimbang seperti nampak pada piramida makanan di bawah ini

Dan yang lebih penting, jangan makan makanan melebihi jumlah kebutuhan energi anda, segera konsultasikan kebutuhan anda dengan ahli gizi kepercayaan anda. Mulailah hidup sehat dengan diet sehat dan menyenangkan.

Dimana anda bisa menemui ahli gizi ?

  1. Instalasi Gizi rumah sakit pemerintah ataupun Rumah sakit Swasta di kota Malang
  2. Dietindo Consulting and catering www.dietindo.com