Tugas & Fungsi

Ketua Jurusan

Ketua   Jurusan    mempunyai   tugas:

  1. menyelenggarakan     dan    atau   mengoordinasikan     kegiatan     Perididikan, Penelitian    dan    Pengabdian   Kepada    Masyarakat    pada    tahap  akademik dan   profesi  atau   spesialis    dan   subspesialis     di   bidang  Kedokteran   dan Kesehatan;
  2. bertanggung   jawab     atas   tahapan   proses   pendidikan,     penelitian    dan pengabdian    kepada   masyarakat    untuk    mencapai      Standar   Nasional Pendidikan,    Penelitian,     dan  Pengabdian   kepada    Masyarakat;
  3. bertanggung    jawab     atas     ketersediaan      tata     pamong,    sumber    daya manusia,    pembiayaan   dan   sarana-prasarana    yang  baik  untuk keterlaksanaan     kegiatan   akademik    pada   program  studi   di  lingkupnya;
  4. dan melakukan    monitoring  dan    evaluasi    kualitas   dan    kuantitas    program studi   di lingkupnya.

Dalam   melaksanakan    tugasnya,  Ketua  Jurusan berfungsi  :

  1. pengoorganisasian     semua   program   studi    yang   ada  di  bawah    Jurusan dan   departemen   terkait  untuk  menjamin  standar  mutu  pendidikan;
  2. penyusunan    dan    realisasi    kebijakan     akademik    dan   dokumen    mutu jurusan;
  3. penyusunan      rencana     strategis    dan     program    kerja     serta   anggaran tahunan  jurusan     berdasarkan   masukan  dari   program  studi;
  4. pelaksanaan   pengembangan    jurusan   di  bidang   pendidikan,   penelitian dan   pengabdian   kepada  masyarakat,  serta  sumber     daya  manusia   dan sarana prasarana;
  5. pengoordinasian    kegiatan      pendidikan,     penelitian     dan    pengabdian kepada  masyarakat   di  seluruh   program  studi   di  lingkupnya;
  6. pengoordinasian    kegiatan  departemen   di lingkungan  Jurusan;
  7. inisiasi  dan pelaksanaan  kerjasama dengan  stakeholder pada tingkat nasional/internasional     yang relevan   dengan    pengembangan    Program Studi/Jurusan;
  8. pemantauan      dan    evaluasi   pelaksanaan     kegiatan   program   diJurusan  dan   proses    belajar  mengajar   di  tingkat   Program  Studidibantu  UJM;
  9. penegakan   kedisiplinan  dosen  dan    tenaga    kependidikan     sesuai kewenangan Jurusan;    dan
  10. penyusunan  dan    pelaporan    kegiatan secara   berkala  kepada  Dekan.

Sekretaris Jurusan

Sekretaris  Jurusan    mempunyai   tugas:

  1. membantu    tugas     Ketua    Jurusan   dalam     pelaksanaan         peningkatan mutu pendidikan,   penelitian,    dan   pengabdian    kepada   masyarakat    (Tri Dharma   Perguruan    Tinggi)   pada    tingkat   program  studi    di  lingkupnya; dan
  2. mengoordinasikan kegiatan administratif dan kesekretariatan jurusan.

Sekretaris Jurusan Menyelenggarakan fungsi :

  1. Pengkoordinasian ketatausahaan dan menghimpun dokumen yang berkaitan dengan jurusan/program studi
  2. pengelolaan basis dara kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di jurusan;
  3. fasilitasi data dalam proses perolehan akreditasi program studi

Unit  Jaminan  Mutu

Unit  Jaminan  Mutu   bertugas:

  1. melakukan     implementasi     Sistem       Penjaminan       Mutu      Internal       yang terintegrasi   dengan   Sistem    Manajemen    Mutu    dan   pengelolaan     pengkalan data Jurusan;
  2. melakukan   koordinasi,     perencanaan,    pemantauan    dan   evaluasi     terhadap pelaksanaan    kegiatan   sesuai   dengan    program  kerja   Jurusan  dan   Fakultas;
  3. mengkoordinir        pelaksanaan,         pemantauan        dan       pelaporan       sistem pendampingan         penyusunan        dokumen       serta         persiapan        visitasi akreditasi/   sertifikasi    nasional   dan   internasional   program  studi;
  4. Menjabarkan  standar  mutu  pendidikan    ke  dalam  dokumen-dokumen     mutu akademik  Fakultas;
  5. melakukan    kegiatan   administrasi,      tata   persuratan   dan   pengarsipan    serta pelayanan    umum  UJM;   dan
  6. menyampaikan    laporan  pelaksanaan    penjaminan   mutu  akademik  jurusan secara  periodik    kepada  Ketua   Jurusan.

Unit  Kerja  Sama

Unit  Kerja  Sama   bertugas:

  1. Membantu       Ketua/  Sekretaris       Jurusan     dalam     pengembangan    jurusan dalam   bidang    Pendidikan ,  Penelitian  dan   Penmas    bekerjasama    dengan    unit terkait;
  2. Membantu     Ketua/Sekretaris       Jurusan  dalam    menjalin   kerjasama    dengan institusi     di  dalam  dan   di  luar   negeri   dalam  bidang    Pendidikan,     Penelitian dan   Pengabdian   Masyarakat;
  3. Membantu      Ketua/Sekretaris           Jurusan     dalam     melakukan       monitoring evaluasi    pelaksanaan     kerjasama   dengan     institusi     di   dalam     dan    di   luar negeri   dalam   bidang  Pendidikan,   Penelitian    dan   Pengabdian    Masyarakat;
  4. Mengkoordinir       optimalisasi    penggunaan     sarana    dan     prasarana    untuk keperluan      income  generating   activities   bagi  jurusan    bekerjasama   dengan unit   terkait;
  5. Mengkoordinir       dan    mendokumentasikan      kegiatan    pengembangan     dosen dalam   keikutsertaan   seminar  dan  pelatihan;
  6. Membuat,       melaksanakan,       mengevaluasi,        mendokumentasikan        serta melaporkan   kesesuaian   pelaksanaan    Standard  Operating  Procedure    terkait unitnya;  dan
  7. Bertanggung   jawab    dan   melaporkan     hasil  kerjanya  kepada  Ketua   Jurusan setiap 3 (tiga)   bulan   sekali.

Unit  Kemahasiswaan    dan  Alumni

Unit  Kemahasiswaan     dan   Alumni    bertugas:

  1. Mengelola       proposal      dan      laporan     kegiatan       kemahasiswaan      melalui koordinasi   dengan organisasi   mahasiswa gizi   (ORMAGIKA);
  2. Menyusun  dan   menganalisa    formulir   evaluasi  mahasiswa    berprestasi;
  3. Berkoordinasi    dengan    pihak   fakultas   dalam   melaksanakan  tracer study;
  4. Menjalin   network  dengan  ikatan  alumni  untuk  perkembangan  jurusan;
  5. Mengelola   kegiatan   bimbingan   akademik   mahasiswa;
  6. Membuat,      melaksanakan,         mengevaluasi,       mendokumentasikan       serta melaporkan  kesesuaian  pelaksanaan  Standard  Operating Procedure terkait unitnya; dan
  7. Bertanggung   jawab   dan   melaporkan    hasil   kerjanya  kepada    Ketua   Jurusan setiap  3 (tiga)   bulan  sekali.

Unit  Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Unit  Penelitian    dan   Pengabdian  kepada    Masyarakat     bertugas:

  1. Mengembangkan      puhon    penelitian   dan   pengabdian   kepada     masyarakat   di Jurusan  Gizi;
  2. Menyebarkan    informasi    adanya   hibah   penelitian     dan   pengabdian    kepada masyarakat   kepada  dosen;
  3. Mengelola     update    data     pemerolehan       hibah     penelitian    dan    pengabdian kepada    masyarakat   oleh   dosen;
  4. Mengelola     pendokumentasian      publikasi    dan    laporan    kegiatan   penelitian dan  pengabdian    masyarakat   oleh  dosen;
  5. Membantu    Ketua   Jurusan   dalam    memantau   produktifitas    Penelitian     dan Pengabdian    Masyarakat   dosen  di Jurusan  Gizi
  6. Membuat,       melaksanak;an,       mengevaluasi,       mendokumentasikan       scrta melaporkan  kesesuaian pelaksanaan    Standard Operating Procedure terkait unitnya;dan
  7. Bertanggung    jawab    dan   melaporkan     hasil   kerjanya     kepada    Ketua   Jurusan setiap   3 (tiga)   bulan    sekali.

Unit  Publikasi

Unit  Publikasi   bertugas   :

  1. Membantu   Ketua/  Sekretaris   Jurusan  dalam    pengelolaan    IJHN   (Indonesian Journal  of Human  Nutrition);
  2. Membantu      Ketua/Sekretaris      Jurusan    dalam     monitoring    evaluasi     jurnal dan  website;
  3. Membuat,        melaksanakan,          mengevaluasi,        mendokumentasikan          serta melaporkan    kesesuaian    pelaksanaan     Standard  Operating  Procedure  terkait unitnya;dan
  4. Bertanggungjawab     dan    melaporkan     hasil  kerjasamanya    kepada     Jurusan setiap   3 (tiga)  bulan   sekali.

Ketua  Program Studi

Ketua   Program    Studi   mempunyai   tugas:

  1. menyusun     program    kerja     sebagai     pedoman    kerja     dengan     prmsip efisiensi,    akuntabilitas,    dan   transparansi;
  2. memimpin dan melaksanakan tugas majerial program studi untuk pengendalian dan pelaksanaan proses kegiatan akademik serta pengadministrasian kegiatan pendukungnya;
  3. melakukan   koordinasi    dengan    Ketua   Jurusan   dalam    hal  penyusunan kebijakan  mutu  dan   sasaran  mutu;   dan
  4. mengelola     pelaksanaan   pendidikan    program   studi   untuk  pencapaian kompetensi       peserta     didik     sesuai     dengan      kurikulum    yang     telah ditetapkan   oleh  pimpinan    fakultas   dengan    bekerjasama   dengan    pihak terkait  (Kolegium   / Asosiasi).

Ketua   Program    Studi   mengemban   fungsi   terealisasinya:

  1. koordinasi     semua     stakeholder    untuk     mengimplementasikan       dan berpartisipasi       dalam      pengembangan       kurikulum       yang       dibuat Kolegium/   Asosiasi;
  2. koordinasi   dengan  ketua   jurusan    dan   sekretaris  jurusan   serta   kepala Departemen/Laboratorium        dalam       melakukan      penjarnman       mutu akademik;
  3. koordinasi    dengan      Ketua    Jurusan    dan     Sekretaris    Jurusan    serta Kepala  Departemen/ Laboratorium   dalam menyusun  rencana  dan pertanggungjawaban     penerimaan   mahasiswa;
  4. pertanggungjawaban     dan    kerjasama   dengan        Ketua    Jurusan     dan Sekretaris Jurusan  dalam   persiapan     Akreditasi    Program  Studi;
  5. program  kerja   untuk    pengembangan    rnutu   pendidikan;
  6. program       unggulan      yang     rnemperkuat      eksistensi         program     studi berdasar   rencana   pengembangan    fakultas;
  7. penyusunan        rencana       dan       koordinasi         kegiatan        pelaksanaan praktikum/ stase   lapangan   mahasiswa;
  8. koordinasi     penyusunan       konsep      rencana     pembelajaran       semester berdasarkan    ketentuan  yang   berlaku;
  9. pembuatan    pembagian    tugas  perkuliahan    dan   beban  rnengajar    dosen;
  10. penyusunan instrumen monitoring  pelaksanaan  perkuliahan  dan implementasinya        sesuai     dengan      ketentuan      yang     berlaku      untu meningkatkan     mutu  Program Studi;
  11. monitoring   dan   pencapaian   kompetensi   dan   menentukan    keberhasilan studi   mahasiswa,   serta  melakukan    evaluasi    terhadap     lama   studi  para mahasiswa;
  12. studi   pelacakan    terhadap   mahasiswa,    alumni   dan  pengguna   lulusan;
  13. masukan    tentang    kinerja   para    dosen     dan    karyawan    administrasi kepada    ketua   jurusan;
  14. pemberian     dan    atau   pengusulan     sanksi   untuk    mahasiswa    kepada ketua   jurusan  sesuai   aturan yang   berlaku;
  15. penyusunan    laporan    kinerja    program   studi    baik    melalui    pangkalan data perguruan  tinggi,   dan  atau  borang   akreditasi;
  16. pengusulan    perencanaan     dan   pengembangan    Sumber   Daya   Manusia;dan
  17. pengelolaan    surat-surat    yang   berkaitan   dengan  mahasiswa   (ijin   cuti, ijin,   perpanjangan   studi  dan  kegiatan-kegiatan     mahasiswa).

Unit  Kurikulum  Program  Studi   Profesi   Dietisien

Unit kurikulum  di  Program    Studi    Profesi   Dietisien    terbagi  menjadi   3  Kelompok Dosen      Peminatan     yaitu     Gizi     Klinik,    Gizi     Masyarakat      dan      Manajemen Penyelenggaraan    Makanan    dan    dalam    menjalankan    fungsinya   unit    kurikulum didukung   oleh  administrasi    akademik.

Unit  kurikulum   di  Program  Studi   Profesi   berfungsi   :

  1. Mengevaluasi     kesesuaian   kompetensi/   capaian  pembelajaran     sesuai  KKNI,    visi dan  misi;
  2. Memastikan       pencapaian       kompetensi       pembelajaran  se suai tingkatan
  3. pencapaian    kompetensi   yang ditetapkan;
  4. Mempersiapkan     perangkat     Pendidikan    Profesi    (meliputi  instruktur,    lahan, dan        modul)    untuk      bidang     Gizi   Klinik,  Gizi   Masyarakat     dan    Manajemen Penyelenggaraan    Makanan;
  5. Berkoordinasi      dengan       instuktur        dan      lahan       terkait       dengan       kegiatan pembelajaran;
  6. Melakukan       evaluasi       kegiatan     pembekalan     dan     pencapaian      kompetensi kegiatan   internship    di  bidang    Gizi  Klinik, Gizi  Masyarakat    dan   Manajemen Penyelenggaraan      Makanan;