Departement of Nutrition Science

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Written on 2 June 2017 , by admin gizi

stuktur org 17

NAMA TIM DAN PERSONIL DI JURUSAN GIZI

Ketua Jurusan Gizi                     : Dian Handayani, SKM, M.Kes, PhD

Sekretaris Jurusan Gizi           : Inggita Kusumastuty, S.Gz, M.Biomed

 

Tim di Jurusan Gizi

Tim

Nama Dosen

Keterangan

Akademik dan Kemahasiswaan Sri Wahyuni, SAB Koordinator
Kuswara MUadjir Nuin Anggota
Puguh Cahyo Prianto Anggota
Keuangan Intan Damayanti, SAB
Umum dan Perlengkapan Hendri Setyanata
Unit Jaminan Mutu Agustiana Dwi Indiah Ventiyaningsih, SKM, M.Biomed Koordinator
Fuadiyah Nila Kurniasari, S.Gz, MPH Anggota
Yudi Arimba Wani, SKM, MPH Anggota
Adelya Desi Kurniawati, STP, M.Sc, MP Anggota
Unit Penelitian dan pengabdian masyarakat Intan Yusuf Habibie, S.Gz, M.Sc Koordinator
Ilzamha Hadijah Rusdan, STP, MP Anggota
Unit Kerjasama Eva Putri Arfiani, S.Gz, MPH
Unit Kemahasiswaan dan alumni Kanthi P Tritisari, S.Gz, MPH
Unit Laboratorium Iva Tsalissavrina, S.Gz, MPH Laboratorium analisa zat gizi dan penyelenggaraan makanan
Ayuningtyas Dian A., S.Gz, MP Laboratorium komunikasi dan nutritional assessment

 

Ketua Program Studi S1 Ilmu Gizi : Dian Handayani, SKM, M.Kes, PhD

Tim

Nama Dosen

Keterangan

Unit Kurikulum Olivia Anggraeni, S.Gz, M.Biomed Koordinator
Cleonara Yanuar Dini, S.Gz, M.Sc, Dietisien Anggota
Leni Budhi Harti, S.Gz, M.Si.Med Anggota

Koordinator kelompok dosen bidang peminatan gizi klinik

Titis Sari Kusuma, S.Gz, MP Anggota

Koordinator kelompok dosen bidang peminatan manajemen penyelenggaraan makanan

Catur Saptaning Wilujeng, S.Gz, MPH Anggota

Koordinator kelompok dosen bidang peminatan gizi masyarakat

 

Ketua Program Studi Profesi : Laksmi Karunia Tanuwijaya, S.Gz, M.Biomed

Tim

Nama Dosen

Keterangan

Unit Kurikulum Fajar Ari Nurgoho, S.Gz, M.Kes KDP Gizi masyarakat
Widya Rahmawati, S.Gz, M.Gizi KDP Gizi masyarakat
Cleonara Yanuar Dini, S.Gz, M.Sc, Dietisien KDP Gizi Klinik
Fuadiyah Nila Kurniasari, S.Gz, MPH KDP Gizi Klinik
Yosfi Rahmi, S.Gz, M.Sc KDP Manajemen Penyelenggaraan Makanan
Yudi Arimba Wani, SKM, MPH KDP Manajemen Penyelenggaraan Makanan Institusi

 

Ketua Jurusan

bertugas:

  1. Memantau pelaksanaan Rencana Strategis dan Program Kerja Jurusan
  2. Mengoperasionalkan visi, misi, dan grand strategy fakultas sesuai dengan fungsi dan kedudukannya di bidang akademik
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi kerja sama dengan institusi nasional dan internasional di bidang pendidikan, penelitian,     dan pengabdian masyarakat
  4. Meningkatkan produktivitas dosen dalam penelitian dan pengabdian masyarakat
  5. Mengevaluasi beban kerja dosen
  6. Memberikan umpan balik hasil evaluasi dosen dan tenaga penunjang
  7. Meningkatkan capacity building staf berdasarkan monitoring dan evaluasi untuk perbaikan penyelenggaan akademik
  8. Memonitor perbaikan standar kompetensi dosen dan tenaga penunjang
  9. Menetapkan indikator kinerja dosen dan tenaga penunjang
  10. Menetapkan mekanisme peringatan dini terhadap mahasiswa yang bermasalah
  11. Mengkoordinasikan usaha untuk meningkatkan softskill mahasiswa
  12. Mengkoordinasikan pelaksanaan pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar Jurusan Gizi.

Sekretaris Jurusan

bertugas:

  • Membantu tugas Ketua Jurusan
  • Mengkoordinasikan kegiatan operasional:
  1. Kesekretariatan
  2. Administrasi Akademik
  3. Administrasi Profesi
  4. Sarana dan Prasarana Pendidikan
  5. Kepegawaian
  6. Keuangan
  7. Kemahasiswaan
  8. Ventura
  • Memberikan masukan kepada Ketua Jurusan baik diminta maupun tidak
  • Melakukan koordinasi dengan koordinator-koordinator yang ada di tingkat Jurusan Gizi
  • Bertanggung jawab dan melaporkan hasil kerjanya kepada Ketua Jurusan Gizi.

Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan

Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan bertugas:

  1. Berkoordinasi dengan Ketua dan Sekretaris Jurusan untuk merencanakan dan melaksanakan sosialisasi Jurusan
  2. Berkoordinasi dengan Bidang Akademik untuk merencanakan dan menyusun jadwal perkuliahan
  3. Berkoordinasi dengan Bagian Umum dan Perlengkapan Fakultas untuk menyiapkan fasilitas proses belajar mengajar
  4. Menyiapkan jadwal ujian mahasiswa (UTS, UAS, Ujian Perbaikan, Ujian Khusus)
  5. Menyiapkan dan melaksanakan kegiatan pra yudisium dan yudisium (dengan Bagian Akademik dan Bagian Keuangan dan Kepegawaian Fakultas)
  6. Mempersiapkan transkrip dan ijazah mahasiswa (dengan BAAK Universitas)
  7. Memperbarui data-data EPSBED Jurusan setiap semester
  8. Menyiapkan SK/Surat Tugas terkait kedinasan
  9. Berkoordinasi dengan PJMK untuk menyiapkan dan menindaklanjuti perizinan mata kuliah praktik (Intermonev Community dan Pre Dietetic Internship)
  10. Berkoordinasi dengan PJMK untuk menyiapkan surat-surat terkait dosen luar biasa dan dosen tamu
  11. Berkoordinasi dengan Unit Proses Belajar Mengajar untuk menyebarluaskan kuesioner evaluasi proses belajar mengajar dan kurikulum
  12. Berkoordinasi dengan PJMK untuk mengkompilasi nilai-nilai dan melakukan sosialisasi nilai ujian kepada mahasiswa
  13. Berkoordinasi dengan Unit pengembang terkait pengelolaan web jurusan
  14. Membuat, melaksanakan, mengevaluasi, mendokumentasikan serta melaporkan kesesuaian pelaksanaan Manual Prosedur dan Instruksi Kerja terkait administrasi akademik dan kemahasiswaan.

Administrasi Keuangan

Administrasi Keuangan bertugas:

  1. Berkoordinasi dengan Ketua/Sekretaris Jurusan untuk pengajuan anggaran setiap bulan
  2. Berkoordinasi dengan Koordinator Bidang untuk pengajuan anggaran setiap tahun
  3. Melaporkan pengeluaran anggaran tiap bulan (UYHD)
  4. Melakukan pembayaran honorarium untuk dosen, PJMK, dan Tim
  5. Menyiapkan anggaran dan laporan untuk kedinasan
  6. Bersama dengan PJMK melakukan pengajuan dan pelaporan anggaran praktik.
  7. Melaporkan hasil tugasnya kepada Kepala Jurusan setiap 3 bulan sekali

Administrasi Umum

Administrasi umum bertugas:

  1. Bekerja sama dengan  NEU dan Perlengkapan Fakultas untuk memfasilitasi  sarana dan prasarana untuk menunjang proses pembelajaran
  2. Mengkoordinir usulan sarana prasarana yang diperlukan oleh jurusan kepada pihak fakultas
  3. Melakukan tindak lanjut terkait usulan sarana prasarana
  4. Mengelola ruang baca jurusan mulai dari alur peminjaman dan inventaris koleksi buku
  5. Melaporkan hasil tugasnya kepada Ketua  Jurusan setiap 3 bulan sekali

Unit Kurikulum S1 Ilmu Gizi

(1)   Dalam menjalankan fungsinya unit kurikulum didukung oleh administrasi akademik

(2)   Didalam keanggotaan Unit Kurikulum  terdapat koordinator Dosen Kelompok Bidang Peminatan Gizi Klinik, Gizi Komunitas  dan

Gizi Intitusi yang bertugas :

  1. Melakukan evaluasi topik perkuliahan dalam kaitannya dengan pencapaian kompetensi
  2. Memastikan pencapaian kompetensi mata kuliah sesuai dengan tingkatan pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
  3. Berkoordinasi dengan penanggung jawab mata kuliah mengenai penetapan beban mata kuliah.
  4. Berkoordinasi dengan penanggung jawab mata kuliah mengenai penerapan kurikulum dalam perkuliahan di tiap semester.
  5. Melakukan evaluasi mutu dan metode ujian pada setiap tahap proses belajar mengajar
  6. Bersama Tim Dosen Kelompok Bidang Peminatan mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses PBL

Persiapan pelaksanaan PBL:

-       Menyusun skenario

-       Membuat soal ujian tulis dan praktik/OSCE serta menentukan penguji dan pasien standar

-       Merencanakan kuliah pakar dan pematerinya dalam proses belajar mengajar metode PBL

Pelaksanaan PBL :

-       Menghadiri presentasi mahasiswa pada DK4

-       Mengevaluasi dan menilai lembar kerja mahasiswa (student worksheet dan log book lab skill)

-       Mengevaluasi dan menilai laporan kelompok

-       Mengevaluasi dan menilai ujian tulis dan ujian praktik/OSCE

-       Membuat soal untuk ujian perbaikan/remedial

-       Mengevaluasi dan menilai ujian perbaikan

Evaluasi PBL :

-       Mengevaluasi skenario berdasarkan masukan dari fasilitator dan hasil diskusi mahasiswa

-       Melakukan tindak lanjut perbaikan skenario berdasarkan evaluasi

  1. Bersama dengan tim Kelompok Dosen Peminatan menyusun kegiatan pengembangan bidang peminatan melalui penelitian, pelatihan, dan pendidikan berkelanjutan
  2. Membantu Ketua Jurusan dalam memantau Produktifitas Penelitian oleh Staf Dosen Jurusan Gizi terkait bidang peminatan

Unit Kurikulum S1 Ilmu Gizi juga bertugas dalam:

  1. Menyusun dan mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi S1 Gizi
  2. Mengevaluasi kurikulum dan PBM secara berkesinambungan
  3. Menetapkan tujuan pembelajaran baik tujuan umum maupun tujuan khusus yang harus dicapai untuk masing-masing mata kuliah dengan mengacu pada pencapaian kompetensi
  4. Merencanakan, memantau  dan mengevaluasi pelaksanaan proses belajar mengajar.
  5. Berkoordinasi dengan Administrasi Akademik dan Unit Penunjang untuk mempersiapkan kebutuhan administrasi dan sarana/prasarana yang terkait dengan pelaksanaan pendidikan akademik
  6. Berkoordinasi dengan Administrasi Akademik dalam verifikasi nilai sebagai syarat yudisium sarjana Gizi.
  7. Memantau dan mengevaluasi keberhasilan studi.
  8. Memberikan masukan kepada Ketua Jurusan untuk memberikan peringatan dini kepada mahasiswa bermasalah
  9. Memberikan masukan kepada Ketua Jurusan atau Sekretaris Jurusan mengenai alternatif rencana studi bagi mahasiswa bermasalah.
  10. Memberikan masukan kepada Ketua Jurusan terkait kebijakan akademik.
  11. Berkoordinasi dengan Tim Tugas Akhir Fakultas mengenai monitoring dan evaluasi pelaksanaan Tugas Akhir.
  12. Membuat, melaksanakan, mengevaluasi, mendokumentasikan serta melaporkan kesesuaian pelaksanaan Manual Prosedur dan Instruksi Kerja terkait unitnya.
  13. Bertanggung jawab dan melaporkan hasil kerjanya kepada Ketua Jurusan setiap 3 bulan sekali

Unit Kurikulum Dietisien

Unit Kurikulum Dietisien bertugas:

1)    Berkoordinasi dengan BAAK UB untuk mendapatkan Ijin Dikti dalam penyelenggaraan Pendidikan Profesi Gizi

2)    Berkoordinasi dengan MTKI/MTKP, PERSAGI dan AIPGI dalam mempersiapkan penyelenggaraan pendidikan profesi

3)    Mempersiapkan perangkat Pendidikan Profesi (meliputi instruktur, lahan, modul, dan evaluasi)

4)    Membuat, melaksanakan, mengevaluasi, mendokumentasikan serta melaporkan kesesuaian pelaksanaan Manual Prosedur dan

Instruksi Kerja terkait unitnya.

5)    Bertanggung jawab dan melaporkan hasil kerjanya kepada Ketua Jurusan setiap 3 bulan sekali

Tim Unit Jaminan Mutu

(1)    Unit Penjaminan Mutu (UJM) Jurusan adalah Unit Penunjang Fakultas di bawah dan bertanggung jawab kepada Ketua Jurusan

dalam hal pengendalian standar dan penjaminan mutu Jurusan.

(2)    Unit Penjaminan Mutu (UJM) bertugas:

  1. Memastikan proses penjaminan mutu terhadap sistem yang telah ditetapkan, diterapkan, didokumentasikan dan dipelihara.
  2. Melaporkan kepada Ketua Jurusan tentang kinerja sistem manajemen mutunya
  3. Memastikan promosi kepedulian tentang persyaratan pelanggan di seluruh organisasi
  4. Bertanggung jawab dan melaporkan hasil kerjanya kepada Ketua Jurusan setiap 3 bulan sekali

Unit Kerjasama

Unit kerjasama bertugas:

  1. Membantu Ketua/Sekretaris  Jurusan dalam pengembangan jurusan dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Penmas bekerjasama dengan unit terkait
  2. Membantu Ketua/Sekretaris  Jurusan dalam menjalin kerjasama dengan institusi di dalam dan di luar negeri dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Penmas.
  3. Membantu Ketua/Sekretaris  Jurusan dalam melakukan monitoring evaluasi pelaksanaan kerjasama dengan institusi di dalam dan di luar negeri dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Penmas.
  4. Mengkoordinir optimalisasi penggunaan sarana dan prasarana untuk keperluan  income generating activities bagi jurusan bekerjasama dengan unit terkait
  5. Membuat, melaksanakan, mengevaluasi, mendokumentasikan serta melaporkan kesesuaian pelaksanaan Manual Prosedur dan Instruksi Kerja terkait unitnya.
  6. Bertanggung jawab dan melaporkan hasil kerjanya kepada Ketua Jurusan setiap 3 bulan sekali

Unit Laboratorium

Unit Laboratorium di Jurusan Gizi bertanggungjawab kepada Dekan dengan tugas fungsi diketahui oleh Ketua Jurusan. Adapun rincian tugas dan fungsi Unit Laboratorium sebagai berikut :

  1. Mengkoordinir dan memfasilitasi penggunaan sarana dan prasarana laboratorium untuk menunjang keperluan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk dosen, mahasiswa dan masyarakat
  2. Merencanakan pengembangan laboratorium
  3. Merencanakan optimalisasi penggunaan laboratorium
  4. Merencanakan pemeliharaan sarana prasarana labratorium
  5. Mengelola income generating activities Jurusan melalui penggunaan laboratorium
  6. Membuat, melaksanakan, mengevaluasi, mendokumentasikan serta melaporkan kesesuaian pelaksanaan Manual Prosedur dan Instruksi Kerja terkait unitnya.
  7. Bertanggung jawab dan melaporkan hasil kerjanya kepada Ketua Jurusan setiap 3 bulan sekali

Unit Kemahasiswaan dan Alumni

Unit Kemahasiswaandan Alumni  bertugas:

  1. Mengelola proposal dan laporan kegiatan kemahasiswaan melalui koordinasi dengan organisasi mahasiswa gizi (ORMAGIKA)
  2. Menyusun dan menganalisa formulir evaluasi mahasiswa berprestasi
  3. Berkoordinasi dengan pihak fakultas dalam melaksanakan tracer study
  4. Menjalin network dengan ikatan alumni untuk perkembangan jurusan
  5. Mengelola kegiatan bimbingan akademik mahasiswa
  6. Membuat, melaksanakan, mengevaluasi, mendokumentasikan serta melaporkan kesesuaian pelaksanaan Manual Prosedur dan Instruksi Kerja terkait unitnya.
  7. Bertanggung jawab dan melaporkan hasil kerjanya kepada Ketua Jurusan setiap 3 bulan sekali

Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat  bertugas:

  1. Mengembangkan pohon penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Jurusan Gizi
  2. Menyebarkan informasi adanya hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat kepada dosen
  3. Mengelola update data pemerolehan hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen
  4. Mengelola pendokumentasian publikasi dan laporan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat oleh dosen
  5. Membantu Ketua Jurusan dalam memantau produktifitas Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dosen di Jurusan Gizi
  6. Bertanggung jawab sebagai Penanggung Jawab Mata Kuliah Research Methodology 2
  7. Melakukan review terhadap judul penelitian yang diajukan mahasiswa saat MK Research Methodology 2
  8. Menentukan dosen pembimbing satu dan dosen pembimbing dua tugas akhir mahasiswa sesuai dengan bidang peminatan yang dipilih mahasiswa
  9. Memfasilitasi penggantian dosen pembimbing tugas akhir mahasiswa
  10. Melakukan review persyaratan ujian proposal mahasiswa dan menandatangani formulir ujian proposal
  11. Menentukan dosen penguji ujian tugas akhir mahasiswa
  12. Melakukan review persyaratan ujian tugas akhir mahasiswa dan menandatangani formulir ujian tugas akhir
  13. Melakukan monitoring penyelesaian tugas akhir mahasiswa antara lain mengidentifikasi lama waktu penyelesaian tugas akhir dan jumlah bimbingan tugas akhir
  14. Monitoring mahasiswa yang terlambat melakukan ujian proposal
  15. Melakukan evaluasi penyelenggaraan tugas akhir kepada mahasiswa. Evaluasi meliputi performa dosen pembimbing tugas akhir, pengelola tugas akhir fakultas dan tim etik penelitian
  16. Mengelola naskah tugas akhir dan form pengumpulan tugas akhir
  17. Membuat laporan pelaksanaan tugas akhir mahasiswa
  18. Membuat, melaksanakan, mengevaluasi, mendokumentasikan serta melaporkan kesesuaian pelaksanaan Manual Prosedur dan Instruksi Kerja terkait unitnya.
  19. Bertanggungjawab terhadap pelaksanaan cek kemiripan artikel publikasi mahasiswa
  20. Bertanggung jawab dan melaporkan hasil kerjanya kepada Ketua Jurusan setiap 3 bulan sekali

Unit Publikasi

Unit Publikasi bertugas :

  1. Membantu Ketua/Sekretaris Jurusan dalam pengelolaan IJHN (Indonesian Journal of Human Nutrition)
  2. Membantu Ketua/Sekretaris Jurusan dalam monitoring evaluasi jurnal dan website
  3. Membuat, melaksanakan, mengevaluasi, mendokumentasikan serta melaporkan kesesuaian pelaksanaan manual prosedur dan instruksi kerja terkait unitnya
  4. Bertanggungjawab dan melaporkan hasil kerjasamanya kepada Jurusan setiap 3 (tiga) bulan sekali