Jurusan Gizi

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 27 Januari 2014 , oleh admin gizi

copy-of-lambang-ormagika kecilOrganisasi Mahasiswa Gizi Kesehatan (ORMAGIKA) adalah suatu organisasi kemahasiswaan yang memiliki wilayah gerak di bidang gizi praktis yang bernaung di dalam Kolegium Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. ORMAGIKA berdiri pada tanggal 5 Maret 2006 dalam suatu Musyawarah Besar Mahasiswa Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB). Pendirian ORMAGIKA ini bertujuan untuk mendukung dan memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa gizi dalam mengembangkan skill dan kepribadian baik di bidang akademik maupun non akademik sehingga dapat menciptakan ahli gizi yang berkualitas dan profesional.

Struktur Organisasi ORMAGIKA 2016

1463359410815

 

VISI :

Sebagai wadah pemersatu dan pengembangan ilmu pengetahuan Jurusan Gizi FKUB, serta pengaplikasiannya dalam kehidupan bermasyarakat berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

MISI :
  1. Mempersatukan mahasiswa Jurusan Gizi FKUB
  2. Melaksanakan berbagai kegiatan dalam upaya meningkatkan keaktifan serta menambah pengetahuan dan pengalaman mahasiswa Jurusan Gizi FKUB pada umumnya dan anggota ORMAGIKA FKUB secara khususnya
  3. Menampung dan memperjuangkan aspirasi mahasiswa Jurusan Gizi FKUB
  4. Berperan serta dalam upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya dalam bidang gizi
  5. Berpartisipasi secara aktif dalam upaya membantu mengatasi masalah kesehatan sesuai dengan bidang keilmuan dan kemampuan mahasiswa Jurusan Gizi FKUB.

SEJARAH ORMAGIKA

  “Sebuah Negara yang besar adalah Negara yang menghargai sejarahnya” itulah sebuah ungkapan dari negeri seberang, Cina. Demikian halnya dengan organisasi, sebuah organisasi pastilah memiliki sejarah, asal muasal dan proses berdirinya. Oleh karena itu agar setiap pelaku organisasi tidak kehilangan history organisasinya dan tidak timbul perbedaan opini/persepsi tentang sejarah organisasinya maka sejarah perlu ditulis, dan harus ditulis oleh orang yang memahami dan yang menjadi saksi sejarah pada waktu itu agar kebenaran yang diungkapkan dapat dipertanggungjawabkan.

Sejarah berdirinya ORMAGIKA

            Berawal dari sebuah undangan dari Universitas Diponegoro dalam rangka pertemuan mahasiswa gizi kesehatan se-Indonesia, yang dihadiri oleh mahasiswa gizi dari UIEU (Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta) 2 orang, mahasiswa UNDIP 5 orang (selaku tuan rumah), dari Universitas Brawijaya diwakili oleh 2 orang yaitu Anang Wahyudi selaku perwakilan dari Gizi B (Program Alih Jenjang) dan Heri Susanto (Perwakilan dari Gizi Reguler) keduanya merupakan mahasiswa gizi angkatan 2004  sedangkan dari UGM (Universitas Gadjah Mada) tidak bisa hadir.

            Dalam pertemuan tanggal 28 Februari 2005 tersebut membahas rencana pendirian organisasi mahasiswa S-1 Gizi Nasional (yang pada akhirnya disebut ILMAGI-Ikatan Lembaga Mahasiswa Gizi Indonesia). Dimana salah satu syarat untuk bisa menjadi anggota dari organisasi bertaraf nasional ini adalah mereka harus memiliki organisasi/lembaga khusus yang menaungi mahasiswa gizi di fakultasnya (dengan kata lain memiliki himpunan gizi/organisasi sejenis di fakultasnya masing-masing). Karena organisasi ini tidak mengikat keanggotaan secara personal tapi mengikat secara kelembagaan.

Dari peserta yang hadir semuanya sudah memiliki wadah organisasi kemahasiswaan khusus mahasiswa gizi yang berupa himpunan, kecuali dari UNIBRAW mengingat saat itu S-1 Gizi Kesehatan di UNIBRAW baru didirikan dan baru menerima angkatan pertama dari program regular (dari SMU) pada tahun 2004, sehingga belum mempunyai organisasi kemahasiswaan yang khusus menaungi mahasiswa gizi saja.

Sehingga pasca pertemuan itu timbul keinginan untuk membentuk organisasi mahasiswa gizi di UNIBRAW. Setelah kembali ke Malang kami mulai merencanakan untuk membentuk tim persiapan pembentukan himpunan mahasiswa gizi yang selanjutnya tim ini disebut tim formatur yang terdiri dari Dwi Kartika Sari, Gemala Qurbani, Heri Susanto, Nur Mufida Wulansari yang kesemuanya merupakan mahasiswa gizi reguler angkatan 2004. Namun karena dari mahasiswa program regular (lulusan SMU) terbilang masih baru dan belum punya banyak pengalaman dalam hal berorganisasi dan keterbatasan waktu dan tenaga serta kesibukan, mahasiswa program B mengingat jangka waktu belajar mereka hanya 1,5 tahun saja, maka rencana ini sempat tertunda sampai 1 semester. Namun dalam jangka waktu itu kami sempat mengadakan kegiatan yang berupa testimonial/polling kepada para mahasiswa gizi regular angkatan 2004 tentang pendapat mereka jika dibentuk himpunan mahasiswa gizi di UNIBRAW dan mayoritas menyatakan setuju untuk membentuk himpunan mahasiswa gizi di FK UNIBRAW.

Baru pada semester 3 tim formatur ini bisa bekerja dengan baik karena saat itu sudah ada 2 angkatan dari program regular yaitu angkatan 2004 dan angkatan 2005. Namun tim ini masih dimotori oleh angkatan 2004 mengingat saat itu mereka sebagai angkatan pertama yang sudah cukup mengenal lingkungan di FKUB dan tahu asal mula rencana dibentuknya himpunan ini.  Pada saat itu tahapan yang dilakukan meliputi :

  1. mengumpulkan informasi tentang bagaimana cara mendirikan organisasi baru (himpunan) di FKUB. Termasuk proses sharing dan diskusi dengan PD III, DPM serta beberapa ketua lembaga yang dianggap faham terkait masalah tata aturan kelembagaan
  2. mengumpulkan arsip-arsip/data-data tentang hal-hal apa saja yang dibutuhkan sebuah organisasi, seperti AD-ART. Saat itu kita mendapat bantuan kiriman contoh-contoh AD-ART dari teman-teman UNDIP dan UGM, serta dari UIEU. Sedangkan dari FKUB kita mendapatkan AD-ART HIMKAJAYA (Himpunan Mahasiswa Keperawatan Brawijaya), AD-ART ILMIKI, ISMKII dan aturan pendirian BPO dan LSO dari BEM FKUB.
  3. membagi tim formatur menjadi 3 komisi dan masing-masing komisi membuat draft rancangannya

Pengumpulan data ini membutuhkan waktu 1 semester tersendiri, yaitu dari semester 3 hingga pertengahan semester 4. Setelah semua data terkumpul maka  tim formatur ini dibagi menjadi 3 komisi, yang masing-masing komisi terdiri dari 5 – 7 orang yaitu :

  1. komisi AD –> komisi ini bertugas untuk menyiapkan rancangan draft AD
  2. komisi ART –> komisi ini bertugas untuk menyiapkan rancangan draft ART
  3. komisi rekomendasi dan lain-lain –> komisi ini bertugas untuk menyiapkan rancangan struktur kepengurusan dan perangkat organisasi yang diperlukan

Tim ini terdiri dari sebagian angkatan 2004 dan 2005, setelah mempersiapkan rancangan draft maka masing-masing komisi akan berkumpul untuk membahas hasil yang sudah dibuatnya dalam sebuah forum yang disebut Kongres Mahasiswa Gizi. Dan setelah diperoleh draft rancangannya maka akan dibawa ke MUBES (Musyawarah Besar) Mahasiswa Gizi untuk disepakati dan ditetapkan hasilnya.

Hasilnya kami sempat mengadakan forum pembahasan ini sebanyak 5 kali sebelum dibawa ke MUBES. Dan pada akhirnya forum tersebut menghasilkan rancangan AD, ART, dan rekomendasi.

Pada tanggal 4 – 5 Maret 2006 diadakanlah MUBES Mahasiswa Gizi Kesehatan yang dihadiri oleh mahasiswa gizi angkatan 2004, 2005, program B angkatan 2004 dan 2005, yang bertempat di Ruang  POM Biomedik. Acara ini turut mengundang dr. Sri Poeranto JS, SP.ParK, Mkes, selaku PD III FKUB, dr. Bambang Prijadi MS selaku Ketua Jurusan Gizi Kesehatan, dan saudara  Hanif Abdul Hamid selaku Presiden BEM FKUB.

Akhirnya diresmikanlah berdirinya Organisasi Mahasiswa Gizi Kesehatan Fakultas Kedokteran yang selanjutnya disingkat ORMAGIKA FKUB, pada tanggal 4 – 5 Maret 2006 dalam MUBES Mahasiswa Gizi Kesehatan yang dihadiri oleh mahasiswa gizi angkatan 2004, 2005, program B angkatan 2004 dan 2005, yang bertempat di Ruang  POM Biomedik.

Dinamika status kelembagaan ORMAGIKA

Dari awal berdirinya ORMAGIKA sebenarnya sebagian besar mahasiswa gizi menginginkan organisasi ini nantinya berbentuk HIMPUNAN. Bahkan dari tim forrmatur inti yaitu Nur Mufida, Gemala Qurbani, Dwi Kartikasari, Heri Susanto yang semuanya dari angkatan 2004 sering berdebat untuk menentukan bentuk organisasi apakah Himpunan, LSO (Lembaga Semi Otonom) atau BPO (Badan Pelengkap Organisasi). Namun dari hasil analisa dan investigasi dari tim formatur merekomendasikan agar untuk tahap awal akan lebih baik jika organisasi ini berbentuk sebagai BPO lebih dulu dengan alasan :

  1. Organisasi berbentuk BPO berarti akan ada pendampingan atau pengarahan dari lembaga yang ditunjuk oleh BEM. Karena kita merasa masih sebagai jurusan yang baru, angkatan baru, belum cukup pengalaman organisasi sehingga bentuk BPO dianggap sesuai untuk kita saat itu. Namun, kita juga punya rencana bahwa dalam beberapa tahun kedepannya status kita akan berubah menjadi himpunan jika dirasa sudah cukup siap.
  2. Sampai saat tulisan ini dibuat (20 Oktober 2008) kita sudah mengajukan proposal perubahan status ORMAGIKA dari BPO menjadi Himpunan yang ternaungi dalam Badan Khusus kepada BEM dan DPM, dan hingga saat ini belum ada keputusannya.
  3. Berdasarkan hasil MUMF tahun 2007 memutuskan bahwa untuk proses pembentukan organisasi baru baik itu BK, LSO dan BPO akan diatur dalam Undang-undang

Namun ada beberapa hal/prinsip yang perlu difahami dari proses pendirian ORMAGIKA ini terkait status kelembagannya yaitu prinsip untuk menjunjung tinggi konsep kolegium serta prinsip untuk mempersatukan mahasiswa gizi. Sehingga kita ingin proses pendirian serta permasalahan status ORMAGIKA bisa sesuai dan selaras dengan harapan dari kolegium itu sendiri dengan tetap mengedepankan aspirasi/keinginan dari mahasiswa gizi itu sendiri.

Maka dari itu, dimulailah inisiasi perubahan status kelembagaan ORMAGIKA menjadi Badan Khusus sejak tahun 2008 dengan mengumpulkan aspirasi dan suara baik itu dari internal mahasiswa gizi sendiri, juga dari kolegium FKUB. Dan di akhir periode kepengurusan 2008, tepatnya saat diselenggarakannya MUMF, resmilah ORMAGIKA menjadi Badan Khusus yang memiliki hubungan koordinatif dengan BEM.

KETUA ORMAGIKA

Yang Pernah Menjabat Ketua ORMAGIKA :

  1. Dwi Kartika Sari                     (angkatan 2004)          – periode 2005 – 2006
  2. Heri Susanto                           (angkatan 2004)          – periode 2006 – 2007
  3. Rochmatul Rizqiyah              (angkatan 2005)          – periode 2007 – 2008
  4. Alfan Bakhtiarsyah                (angkatan 2006)          – periode 2009 – 2010
  5. Maya Faroka                           (angkatan 2007)          – periode 2010
  6. Hanif Alamudin Manshur    (angkatan 2008)          – periode 2011
  7. Urfi Yuniar Risqina                (angkatan 2009)          – periode 2012
  8. Nila Reswari Haryana            (angkatan 2010)          – periode 2013
  9. Kartika Yuliani                        (angkatan 2011)            – periode 2014
  10. Apriliawan H                           (angkatan 2012)            – periode 2015
  11. Fajar Abdillah                         (angkatan 2013)            - periode 2016 -

Tujuan ORMAGIKA periode 2015

Dari tagline diatas dijabarkan beberapa tujuan yang ingin dicapai oleh kepengurusan ORMAGIKA 2015 yang dirangkum dalam sebuah kata yaitu “KEPO”:

1.      K = Kekeluargaan

Menjadikan Ormagika menjadi organisasi yang selalu mengedepankan kekeluargaan dalam menjalankan kegiatan keorganisasian.

2.      E = Enterpreneur

Menumbuhkembangkan jiwa entrepreneur pada mahasiswa gizi FKUB.

3.      P = Produktif

Menumbuhkan semangat berkarya mahasiswa gizi FKUB melalui program kerja yang efektif dan efisien.

4.      O = Open

Menjadikan Ormagika menjadi Organisasi yang terbuka baik ke dalam (dapat menampung aspirasi keluarga gizi FKUB)  maupun ke luar (menjalin kerjasama dengan pihak sponsor, organisasi/instansi lain maupun media massa yang ada).

Tujuan  Jangka Panjang ORMAGIKA periode 2015

1.    Hubungan antar komponen yaitu mahasiswa, alumni dan pihak jurusan terjalin secara optimal

2.    Menjadikan ORMAGIKA menjadi organisasi yang dapat mandiri secara finansial

3.    Mempersiapkan mahasiswa gizi dalam menghadapi AFTA dan MEA 2015.

4.    Menciptakan iklim berprestasi mahasiswa gizi di berbagai bidang, baik di bidang keorganisasian, keilmuan, entrepreneurship,       kesenian dan olahraga

5.    Sudah menjalin kerja sama yang baik dengan beberapa organisasi, instansi maupun media massa dengan tujuan memajukan Ormagika