Jurusan Gizi

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 5 September 2016 , oleh angga , pada kategori Info gizi

keseimbangan energi

Prevalensi obesitas yang terus meningkat baik di negara maju maupun negara berkembang merupakan tantangan bagi ahli gizi, pemerhati gizi maupun masyarakat luas. Penyebab terjadinya obesitas adalah adanya ketidakseimbangan energi dalam jangka waktu lama.

keseimbangan energi2
Apakah itu keseimbangan energi?
Keseimbangan energi merupakan suatu kondisi antara energi yang masuk kedalam tubuh sesuai dengan kebutuhan tubuh. Energi yang masuk kedalam tubuh dapat melalui makanan yang dikonsumsi. Adapun energi yang dibutuhkan oleh tubuh meliputi kebutuhan basal (kebutuhan dasar), energi karena melakukan olahraga dan aktifitas.

Obesitas terjadi apabila positive energy balance atau keseimbangan energi positif dalam jangka waktu lama terjadi. Maksud dari keseimbangan energi positif adalah energi yang masuk kedalam tubuh lebih besar dari pada kebutuhan tubuh. Hal ini menyebabkan terjadinya penambahan berat badan yang terus menerus. Adanya keseimbangan energi positif menunjukkan terjadinya (1) asupan makanan berlebih dan atau (2) kurangnya aktifitas fisik
Dibawah ini merupakan cara mudah untuk mencegah terjadinya obesitas yaitu

  1. Pastikan apa yang dikonsumsi sesuai dengan kebutuhan
  2. Pastikan membaca lebel makanan
  3. Lakukan aktifitas fisik/ olahraga secara rutin

Info lebih lanjut anda dapat menghubungi Ahli gizi anda…
Ditulis oleh:

Inggita Kusumastuty, S.Gz,M.Biomed
-Tim Obesitas FKUB-