Laboratorium Gizi merupakan salah satu unit pelayanan publik di Jurusan Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Sebagai pelayanan publik, masih dijumpai kelemahan-kelemahan dalam pelayanannya sehingga belum dapat memenuhi kualitas yang diharapkan oleh masyarakat. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan adalah dengan melakukan penilaian indeks kepuasan masyarakat (IKM). Indeks kepuasan masyarakat adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kuantitatif dan kualitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Tujuan dari dilakukannya penilaian IKM ini adalah untuk mengetahui tingkat kinerja unit pelayanan secara berkala sebagai bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya.

Penilaian IKM dilaksanakan berdasarkan pedoman umum penilaian Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap unit pelayanan instansi pemerintah (KepMenPAN No 25/2004), terdiri dari 14 unsur penilaian dengan nilai persepsi paling rendah 1 (tidak baik) dan paling tinggi 4 (sangat baik). Berdasarkan hasil penilaian IKM pada tahun 2013/2014 didapatkan nilai IKM sebesar 70,8 dengan nilai mutu pelayanan B (kategori Baik). Nilai IKM ini mengalami peningkatan dari penilaian IKM sebelumnya 2012/2013 sebesar 69 dengan nilai mutu pelayanan B (kategori Baik). Adapun interval nilai mutu pelayanan B (kategori Baik) adalah 62,51 – 81,25, sedangkan untuk mutu pelayanan A adalah 81,26 – 100,00. Masih diperlukan upaya-upaya perbaikan sistem pelayanan terutama pada unsur kepastian jadwal pelayanan, kepastian biaya pelayanan dan kenyamanan lingkungan yang merupakan unsur penilaian dengan rata-rata nilai paling rendah.

Dengan dilakukannya penilaian IKM secara berkala diharapkan unit kerja atau unit pelayanan dapat mengevaluasi diri dan meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat (mahasiswa atau civitas akademika lainnya).