Laboratorium Gizi merupakan bagian dari Jurusan Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya yang terletak di jalan Veteran Malang. Jurusan Gizi sendiri telah dirintis dengan penyusunan proposal pendirian program Studi S1 Gizi sejak tahun 2002 yang kemudian dalam proses pendiriannya mendapat SK DIKTI tanggal 27 Februari 2004 SK Menteri Pendidikan Nasional, Dirjen Pendidikan Tinggi No. 1031/J/T/2004. Program Studi  Jenjang Sarjana (S1) Gizi resmi bernaung dibawah Fakultas Kedokteran di Universitas Brawijaya dan merupakan Program Studi S1 Gizi pertama yang tercatat di Diknas. Program Studi Ilmu Gizi jenjang S1 sudah terakreditasi dengan peringkat B berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 002/BAN-PT/Ak-XII/S1/IV/2009 dengan masa berlaku tanggal 2 April 2009 sampai dengan 2 April 2014. Program Studi ini kemudian berkembang menjadi Jurusan Gizi dengan diterbitkannya SK Rektor UB mengenai pembentukan Jurusan Gizi, Keperawatan dan Kedokteran No 224/SK/2007 tangal 6 Juni 2007.

Laboratorium Gizi Jurusan Gizi FKUB meliputi laboratorium penyelenggaraan makan termasuk didalamnya laboratorium diet dan ilmu pangan serta laboratorium nutritional assessment (NAS)  dibentuk bersamaan dengan lahirnya program studi ilmu gizi kesehatan pada tahun 2004.  Kehadiran laboratorium gizi pada jurusan gizi ini ditujukan untuk menunjang kegiatan tridarma pendidikan seperti kegiatan praktikum, pembelajaran PBL,OSCE,  penelitian mahasiswa, dosen juga kegiatan pengabmas dan kegiatan keorganisasian mahasiswa. Mata kuliah yang memanfaatkan laboratorium gizi ini seperti Food science, pengolahan pengawasan mutu makanan, FDC1, FDC 2, IMC, NLC, NA.

Struktur organisasi laboratorium gizi sejak tahun 2008 sampai tahun 2010 berada di bawah unit penunjang Jurusan Gizi FKUB. Perkembangan selanjutnya, sejak tahun 2011 hingga saat ini tahun 2014 berdasarkan struktur organisasi jurusan, laboratorium gizi berada di bawah Kepala Laboratorium Gizi yang membawahi 4 (empat) laboratorium gizi yaitu Laboratorium Diet, Laboratorium Pangan, Laboratorium Nutritional Assessment (NA), dan Laboratorium Analisa Zat Gizi.

Mengacu pada laboratorium Fakultas Kedokteran, Laboratorium gizi juga sudah memiliki sertifikat  ISO 9001:2008 pada tahun 2011. Keberadaan laboratorium gizi ini juga untuk mendukung pencapaian kompetensi utama (core competencies) lulusan Sarjana Gizi yaitu :

  1.  Kompetensi dasar
  2.  Kompetensi penekanan Dietetik
  3.  Kompetensi penekanan Manajemen Gizi Masyarakat
  4.  Kompetensi penekanan Manajemen Sistem Pelayanan Makanan