Jurusan Gizi

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 2 Agustus 2013 , oleh angga

Organisasi Program Studi S-1 Gizi FKUB

struktur organisasi gizi

Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)

KETUA PROGRAM STUDI
  1. Memantau pelaksanaan Rencana Strategis dan Program Kerja Jurusan
  2. Mengoperasionalkan visi, misi, dan grand strategy fakultas sesuai dengan fungsi dan   kedudukannya di bidang akademik
  3. Melakukan monitoring dan evaluasi kerja sama dengan institusi nasional dan internasional di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat
  4. Meningkatkan produktivitas dosen dalam penelitian dan pengabdian masyarakat
  5. Mengevaluasi beban kerja dosen
  6. Memberikan umpan balik hasil evaluasi dosen dan tenaga penunjang
  7. Meningkatkan capacity building staf berdasarkan monitoring dan evaluasi untuk perbaikan penyelenggaan akademik
  8. Memonitor perbaikan standar kompetensi dosen dan tenaga penunjang
  9. Menetapkan indikator kinerja dosen dan tenaga penunjang
  10. Menetapkan mekanisme peringatan dini terhadap mahasiswa yang bermasalah
  11. Mengkoordinasikan usaha untuk meningkatkan softskill mahasiswa
  12. Mengkoordinasikan pelaksanaan pembelajaran dan Evaluasi Hasil Belajar Jurusan Gizi.
SEKRETARIS PROGRAM STUDI
1.  Membantu tugas Ketua Jurusan

2.  Mengkoordinasikan kegiatan operasional:

  • Kesekretariatan
  • Administrasi Akademik
  • Administrasi Profesi
  • Sarana dan Prasarana Pendidikan
  • Kepegawaian
  • Keuangan
  • Kemahasiswaan
  • Ventura

3.  Memberikan masukan kepada Ketua Jurusan baik diminta maupun tidak

4.  Melakukan koordinasi dengan koordinator-koordinator yang ada di tingkat Jurusan Gizi

5.  Bertanggung jawab dan melaporkan hasil kerjanya kepada Ketua Jurusan Gizi.

ADMINISTRASI AKADEMIK
  1. Berkoordinasi dengan Ketua dan Sekretaris Jurusan untuk merencanakan dan melaksanakan sosialisasi Jurusan
  2. Berkoordinasi dengan Ketua dan Sekretaris Jurusan untuk melakukan penerimaan mahasiswa baru
  3. Berkoordinasi dengan Fakultas/Ketua/Sekretaris Jurusan untuk melakukan registrasi mahasiswa baru
  4. Berkoordinasi dengan Bidang Akademik untuk merencanakan dan menyusun jadwal perkuliahan
  5. Berkoordinasi dengan Bagian Umum dan Perlengkapan Fakultas untuk menyiapkan fasilitas proses belajar mengajar
  6. Menyiapkan jadwal ujian mahasiswa (UTS, UAS, Ujian Perbaikan, Ujian Khusus)
  7. Menyiapkan dan melaksanakan kegiatan pra yudisium dan yudisium (dengan Bagian Akademik dan Bagian Keuangan dan Kepegawaian Fakultas)
  8. Mempersiapkan transkrip dan ijazah mahasiswa (dengan BAAK Universitas)
  9. Memperbarui data-data EPSBED Jurusan setiap semester
  10. Menyiapkan SK/Surat Tugas terkait kedinasan
  11. Berkoordinasi dengan PJMK untuk menyiapkan dan menindaklanjuti perizinan mata kuliah praktik (Intermonev Community dan Pre Dietetic Internship)
  12. Berkoordinasi dengan PJMK untuk menyiapkan surat-surat terkait dosen luar biasa dan dosen tamu
  13. Berkoordinasi dengan Unit Proses Belajar Mengajar untuk menyebarluaskan kuesioner evaluasi proses belajar mengajar dan kurikulum
  14. Berkoordinasi dengan PJMK untuk mengkompilasi nilai-nilai dan melakukan sosialisasi nilai ujian kepada mahasiswa
  15. Berkoordinasi dengan Koordinator Matrikulasi yang ditunjuk oleh Ketua PS untuk menyiapkan dan melaksanakan kegiatan matrikulasi
  16. Membuat Manual Prosedur dan Instruksi Kerja terkait administrasi akademik dan pendidikan.
ADMINISTRASI KEUANGAN
  1. Berkoordinasi dengan Ketua/Sekretaris Jurusan untuk pengajuan anggaran setiap bulan
  2. Berkoordinasi dengan Koordinator Bidang untuk pengajuan anggaran setiap tahun
  3. Melaporkan pengeluaran anggaran tiap bulan (UYHD)
  4. Melakukan pembayaran honorarium untuk dosen, PJMK, dan Tim
  5. Menyiapkan anggaran dan laporan untuk kedinasan
  6. Bersama dengan PJMK melakukan pengajuan dan pelaporan anggaran praktik.
  7. Melaporkan hasil tugasnya kepada Kepala Jurusan
ADMINISTRASI UMUM
  1. Bekerja sama dengan  NEU dan Perlengkapan Fakultas untuk memfasilitasi  sarana dan prasarana untuk menunjang proses pembelajaran
  2. Mengkoordinir usulan sarana prasarana yang diperlukan oleh jurusan kepada pihak fakultas
  3. Melakukan tindak lanjut terkait usulan sarana prasarana
  4. Melaporkan hasil tugasnya kepada Ketua  Jurusan.
NUTRITION EDUCATION UNIT
1.  Dalam menjalankan fungsinya NEU didukung oleh administrasi akademik

2.  NEU bertugas:

  1. Menyusun dan mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi S1 Gizi
  2. Mengevaluasi kurikulum dan PBM secara berkesinambungan
  3. Menetapkan tujuan pembelajaran baik tujuan umum maupun tujuan khusus yang harus dicapai untuk masing-masing mata kuliah dengan mengacu pada pencapaian kompetensi
  4. Berkoordinasi dengan Koordinator Kelompok Dosen Peminatan untuk memastikan pencapaian kompetensi mata kuliah sesuai dengan tingkatan pencapaian kompetensi yang ditetapkan.
  5. Berkoordinasi dengan Koordinator Kelompok Dosen Peminatan untuk menetapkan beban mata kuliah.
  6. Melakukan koordinasi dengan Koordinator Kelompok Dosen Peminatan, dan penanggung jawab mata kuliah mengenai penerapan kurikulum dalam perkuliahan di tiap semester.
  7. Merencanakan, memantau  dan mengevaluasi pelaksanaan proses belajar mengajar.
  8. Berkoordinasi dengan Administrasi Akademik dan Unit Penunjang untuk mempersiapkan kebutuhan administrasi dan sarana/prasarana yang terkait dengan pelaksanaan pendidikan akademik
  9. Berkoordinasi dengan Administrasi Akademik dalam verifikasi nilai sebagai syarat yudisium sarjana Gizi.
  10. Memantau dan mengevaluasi keberhasilan studi.
  11. Memberikan masukan kepada Ketua Jurusan untuk memberikan peringatan dini kepada mahasiswa bermasalah.
  12. Memberikan masukan kepada Ketua Jurusan atau Sekretaris Jurusan mengenai alternatif rencana studi bagi mahasiswa bermasalah.
  13. Memberikan masukan kepada Ketua Jurusan terkait kebijakan akademik.
  14. Berkoordinasi dengan Tim Tugas Akhir Fakultas mengenai monitoring dan evaluasi pelaksanaan Tugas Akhir.
  15. Bertanggung jawab dan melaporkan hasil kerjanya kepada Ketua Jurusan.
Koordinator Kelompok Dosen Bidang Peminatan
1. Melakukan evaluasi topik perkuliahan dalam kaitannya dengan pencapaian kompetensi

2. Menyampaikan hasil evaluasi topik perkuliahan kepada NEU

3. Melakukan evaluasi mutu dan metode ujian pada setiap tahap proses belajar mengajar

4. Berkoordinasi dengan NEU untuk mempersiapkan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses PBL

  1. Persiapan pelaksanaan PBL:
    1. Menyusun skenario
    2. Membuat soal ujian tulis dan praktik/OSCE serta menentukan penguji dan pasien standar
    3. Merencanakan kuliah pakar dan pematerinya dalam proses belajar mengajar metode PBL
    4. Pelaksanaan PBL :
      1. Menghadiri presentasi mahasiswa pada DK4
      2. Mengevaluasi dan menilai lembar kerja mahasiswa (student worksheet dan log book lab skill)
      3. Mengevaluasi dan menilai laporan kelompok
      4. Mengevaluasi dan menilai ujian tulis dan ujian praktik/OSCE
      5. Membuat soal untuk ujian perbaikan/remedial
      6. Mengevaluasi dan menilai ujian perbaikan
      7. Evaluasi PBL :
        1. Mengevaluasi skenario berdasarkan masukan dari fasilitator dan hasil diskusi mahasiswa
        2. Melakukan tindak lanjut perbaikan skenario berdasarkan evaluasi

5. Bersama dengan tim Kelompok Dosen Peminatan menyusun kegiatan pengembangan bidang peminatan melalui penelitian, pelatihan, dan pendidikan berkelanjutan

6. Membantu Ketua Jurusan dalam memantau Produktifitas Penelitian oleh Staf Dosen Jurusan Gizi terkait bidang peminatan

7. Melakukan pengembangan dan evaluasi pohon penelitian di Jurusan Gizi.

8. Berkoordinasi dengan Unit Pengembangan dan Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat  dalam Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

9. Mendokumentasikan semua kegiatan Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Kerja sama yang dilaksanakan oleh Staf Dosen Jurusan Gizi.

TIM PENDIDIKAN PROFESI DIETISIEN
  1. Berkoordinasi dengan BAAK UB untuk mendapatkan Ijin Dikti dalam penyelenggaraan Pendidikan Profesi Gizi
  2. Berkoordinasi dengan Kajur/Sekjur dan bekerja sama dengan Administrasi Akademik dalam penerimaan intern baru sampai dengan tahap yudisium
  3. Berkoordinasi dengan Kajur/Sekjur dan bekerja sama dengan Administrasi Keuangan terkait keuangan pendidikan profesi
  4. Mengkoordinasikan, memonitor, dan menjaga kelancaran seluruh kegiatan profesi bekerja sama dengan koordinator kelompok dosen bidang peminatan
  5. Mempersiapkan perangkat Pendidikan Profesi (meliputi instruktur, lahan, modul, dan evaluasi)
  6. Berkoordinasi dengan MTKI/MTKP mempersiapkan uji kompetensi profesi
  7. Bertanggung jawab dan melaporkan hasil kerjanya kepada Ketua  Jurusan.
TIM UNIT JAMINAN MUTU
  1. Unit Penjaminan Mutu (UJM) Jurusan adalah Unit Penunjang Fakultas di bawah dan bertanggung jawab kepada Dekan dalam hal pengendalian standar dan penjaminan mutu Jurusan.
  2. Unit Penjaminan Mutu (UJM) bertugas:
  • Memastikan proses yang diperlukan untuk sistem manajemen mutu ditetapkan,       diterapkan, dan dipelihara.
  • Melaporkan kepada Ketua Jurusan tentang kinerja sistem manajemen mutunya dan kebutuhan apa pun untuk koreksi.
  • Memastikan promosi kepedulian tentang pesyaratan pelanggan di seluruh organisasi.
UNIT PENGEMBANG
  1. Membantu Ketua/Sekretaris  Jurusan dalam pengembangan jurusan dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Penmas bekerjasama dengan unit terkait
  2. Membantu Ketua/Sekretaris  Jurusan dalam menjalin kerjasama dengan institusi di dalam dan di luar negeri dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Penmas.
  3. Membantu Ketua/Sekretaris  Jurusan dalam melakukan monitoring evaluasi pelaksanaan kerjasama dengan institusi di dalam dan di luar negeri dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Penmas.
  4. Mengkoordinir optimalisasi penggunaan sarana dan prasarana untuk keperluan  income generating activities bagi jurusan bekerjasama dengan unit terkait
  5. Bekerja sama dengan Koordinator Kelompok Dosen Peminatan dan UPT Perpustakaan Pusat dalam penyediaan koleksi buku dan fasilitas sumber pustaka lain
  6. Melaporkan hasil tugasnya kepada Ketua Jurusan
UNIT LABORATORIUM
  1. Mengkoordinir dan memfasilitasi penggunaan sarana dan prasarana laboratorium untuk menunjang keperluan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat untuk dosen, mahasiswa dan masyarakat
  2. Merencanakan pengembangan laboratorium
  3. Merencanakan optimalisasi penggunaan laboratorium
  4. Merencanakan maintenace sarana prasarana labratorium
  5. Mengelola income generating activities Jurusan melalui penggunaan laboratorium
  6. Melaporkan hasil tugasnya kepada Ketua  Jurusan.
UNIT KEMAHASISWAAN
  1. Mengelola proposal dan laporan kegiatan kemahasiswaan melalui koordinasi dengan organisasi mahasiswa gizi (ORMAGIKA)
  2. Menyusun dan menganalisa formulir evaluasi mahasiswa berprestasi
  3. Berkoordinasi dengan pihak fakultas dalam melaksanakan tracer study
  4. Menjalin network dengan ikatan alumni untuk perkembangan jurusan
  5. Melaporkan hasil tugasnya kepada Ketua  Jurusan.
Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
  1. Bertanggung jawab sebagai Penanggung Jawab Mata Kuliah Research Methodology 2
  2. Melakukan review terhadap judul penelitian yang diajukan mahasiswa saat MK Research Methodology 2
  3. Menentukan dosen pembimbing satu dan dosen pembimbing dua tugas akhir mahasiswa sesuai dengan bidang peminatan yang dipilih mahasiswa
  4. Memfasilitasi penggantian dosen pembimbing tugas akhir mahasiswa
  5. Melakukan review persyaratan ujian proposal mahasiswa dan menandatangani formulir ujian proposal
  6. Menentukan dosen penguji ujian tugas akhir mahasiswa
  7. Melakukan review persyaratan ujian tugas akhir mahasiswa dan menandatangani formulir ujian tugas akhir
  8. Melakukan monitoring penyelesaian tugas akhir mahasiswa antara lain mengidentifikasi lama waktu penyelesaian tugas akhir dan jumlah bimbingan tugas akhir
  9. Monitoring mahasiswa yang terlambat melakukan ujian proposal
  10. Melakukan evaluasi penyelenggaraan tugas akhir kepada mahasiswa. Evaluasi meliputi performa dosen pembimbing tugas akhir, pengelola tugas akhir fakultas dan tim etik penelitian
  11. Mengelola naskah tugas akhir dan form pengumpulan tugas akhir
  12. Membuat laporan pelaksanaan tugas akhir mahasiswa
TIM WEBSITE
  1. Berkoordinasi dengan seluruh unit yang ada di Jurusan gizi (Nutrition Education Unit (NEU), Tim Unit Jaminan Mutu, Unit kemahasiswaaan, Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat) untuk menyusun isi informasi pada setiap menu wajib yang ada di website Jurusan.
  2. Melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap seluruh informasi yang di unggah (upload), dan menjamin semua informasi pada menu wajib terisi sesuai standar, baik yang berbahasa Indonesia maupun yang berbahasa Inggris.
  3. Melakukan update informasi secara regular (per tri wulan).
  4. Merencanakan, memantau, dan mengevaluasi pengembangan website, termasuk penambahan menu-menu baru berdasarkan kebutuhan yang ada.
  5. Bertanggung jawab dan melaporkan hasil kerjanya kepada Ketua Jurusan.