Tugas & Fungsi

Ketua Jurusan

Ketua   Jurusan    mempunyai   tugas:

  1. menyelenggarakan     dan    atau   mengoordinasikan     kegiatan     Perididikan, Penelitian    dan    Pengabdian   Kepada    Masyarakat   pada    tahap  akademik dan   profesi  atau   spesialis    dan   subspesialis     di   bidang  Kedokteran   dan Kesehatan;
  2. bertanggung   jawab     atas   tahapan   proses   pendidikan,     penelitian    dan pengabdian    kepada   masyarakat    untuk    mencapai      Standar   Nasional Pendidikan,    Penelitian,     dan  Pengabdian   kepada    Masyarakat;
  3. bertanggung    jawab     atas     ketersediaan      tata     pamong,    sumber    daya manusia,    pembiayaan   dan   sarana-prasarana    yang  baik  untuk keterlaksanaan     kegiatan   akademik    pada   program  studi   di  lingkupnya;dan
  4. melakukan    monitoring  dan    evaluasi    kualitas   dan    kuantitas    program studi   di lingkupnya.

Dalam   melaksanakan    tugasnya,  Ketua  Jurusan berfungsi  :

  1. pengoorganisasian     semua   program   studi    yang   ada  di  bawah    Jurusan dan   departemen   terkait  untuk  menjamin  standar  mutu  pendidikan;
  2. penyusunan    dan    realisasi    kebijakan     akademik    dan   dokumen    mutu jurusan;
  3. penyusunan      rencana     strategis    dan     program    kerja     serta   anggaran tahunan  jurusan     berdasarkan   masukan  dari   program  studi;
  4. pelaksanaan   pengembangan    jurusan   di  bidang   pendidikan,   penelitian dan   pengabdian   kepada  masyarakat,  serta  sumber    daya  manusia   dan sarana prasarana;
  5. pengoordinasian    kegiatan      pendidikan,     penelitian     dan    pengabdian kepada  masyarakat   di  seluruh   program  studi   di  lingkupnya;
  6. pengoordinasian    kegiatan  departemen   di lingkungan  Jurusan;
  7. inisiasi  dan pelaksanaan  kerjasama dengan  stakeholder pada tingkat nasional/internasional     yang relevan   dengan    pengembangan   Program Studi/Jurusan;
  8. pemantauan      dan    evaluasi   pelaksanaan     kegiatan   program   diJurusan  dan   proses    belajar  mengajar   di  tingkat   Program  Studidibantu  UJM;
  9. penegakan   kedisiplinan  dosen  dan    tenaga    kependidikan     sesuai kewenangan Jurusan;    dan
  10. penyusunan  dan    pelaporan    kegiatan secara   berkala  kepada  Dekan.

Sekretaris Jurusan

Sekretaris  Jurusan    mempunyai   tugas:

  1. membantu    tugas     Ketua    Jurusan   dalam     pelaksanaan         peningkatan mutu pendidikan,   penelitian,    dan   pengabdian    kepada   masyarakat    (Tri Dharma   Perguruan    Tinggi)   pada    tingkat   program  studi    di  lingkupnya; dan
  2. mengoordinasikan kegiatan administratif dan kesekretariatan jurusan.

Sekretaris Jurusan Menyelenggarakan fungsi :

  1. Pengkoordinasian ketatausahaan dan menghimpun dokumen yang berkaitan dengan jurusan/program studi
  2. pengelolaan basis dara kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di jurusan;
  3. fasilitasi data dalam proses perolehan akreditasi program studi

Unit  Jaminan  Mutu

Unit  Jaminan  Mutu   bertugas:

  1. melakukan     implementasi     Sistem       Penjaminan       Mutu      Internal       yang terintegrasi   dengan   Sistem    Manajemen    Mutu  dan   pengelolaan     pengkalan data Jurusan;
  2. melakukan   koordinasi,     perencanaan,    pemantauan    dan   evaluasi     terhadap pelaksanaan    kegiatan   sesuai   dengan    program kerja   Jurusan  dan   Fakultas;
  3. mengkoordinir        pelaksanaan,         pemantauan        dan       pelaporan       sistem pendampingan         penyusunan        dokumen      serta         persiapan        visitasi akreditasi/   sertifikasi    nasional   dan   internasional   program  studi;
  4. Menjabarkan  standar  mutu  pendidikan    ke  dalam  dokumen-dokumen     mutu akademik  Fakultas;
  5. melakukan    kegiatan   administrasi,      tata   persuratan   dan   pengarsipan    serta pelayanan    umum  UJM;   dan
  6. menyampaikan    laporan  pelaksanaan    penjaminan   mutu  akademik  jurusan secara  periodik    kepada  Ketua   Jurusan.

Unit  Kerja  Sama

Unit  Kerja  Sama   bertugas:

  1. Membantu       Ketua/  Sekretaris       Jurusan     dalam     pengembangan    jurusan dalam   bidang    Pendidikan ,  Penelitian  dan  Penmas    bekerjasama    dengan    unit terkait;
  2. Membantu     Ketua/Sekretaris       Jurusan  dalam    menjalin   kerjasama    dengan institusi     di  dalam  dan   di  luar   negeri   dalam bidang    Pendidikan,     Penelitian dan   Pengabdian   Masyarakat;
  3. Membantu      Ketua/Sekretaris           Jurusan     dalam     melakukan       monitoring evaluasi    pelaksanaan     kerjasama   dengan     institusi     di   dalam     dan    di   luar negeri   dalam   bidang  Pendidikan,   Penelitian    dan   Pengabdian    Masyarakat;
  4. Mengkoordinir       optimalisasi    penggunaan     sarana    dan     prasarana    untuk keperluan      income  generating   activities   bagi  jurusan    bekerjasama   dengan unit   terkait;
  5. Mengkoordinir       dan    mendokumentasikan      kegiatan    pengembangan     dosen dalam   keikutsertaan   seminar  dan  pelatihan;
  6. Membuat,       melaksanakan,       mengevaluasi,        mendokumentasikan        serta melaporkan   kesesuaian   pelaksanaan    Standard  Operating  Procedure    terkait unitnya;  dan
  7. Bertanggung   jawab    dan   melaporkan     hasil  kerjanya  kepada  Ketua   Jurusan setiap 3 (tiga)   bulan   sekali.

Unit  Kemahasiswaan    dan  Alumni

Unit  Kemahasiswaan     dan   Alumni    bertugas:

  1. Mengelola       proposal      dan      laporan     kegiatan       kemahasiswaan      melalui koordinasi   dengan organisasi   mahasiswa gizi  (ORMAGIKA);
  2. Menyusun  dan   menganalisa    formulir   evaluasi  mahasiswa    berprestasi;
  3. Berkoordinasi    dengan    pihak   fakultas   dalam   melaksanakan  tracer study;
  4. Menjalin   network  dengan  ikatan  alumni  untuk  perkembangan  jurusan;
  5. Mengelola   kegiatan   bimbingan   akademik   mahasiswa;
  6. Membuat,      melaksanakan,         mengevaluasi,       mendokumentasikan       serta melaporkan  kesesuaian  pelaksanaan  Standard Operating Procedure terkait unitnya; dan
  7. Bertanggung   jawab   dan   melaporkan    hasil   kerjanya  kepada    Ketua   Jurusan setiap  3 (tiga)   bulan  sekali.

Unit  Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Unit  Penelitian    dan   Pengabdian  kepada    Masyarakat     bertugas:

  1. Mengembangkan      puhon    penelitian   dan   pengabdian   kepada     masyarakat   di Jurusan  Gizi;
  2. Menyebarkan    informasi    adanya   hibah   penelitian     dan   pengabdian    kepada masyarakat   kepada  dosen;
  3. Mengelola     update    data     pemerolehan       hibah     penelitian    dan    pengabdian kepada    masyarakat   oleh   dosen;
  4. Mengelola     pendokumentasian      publikasi    dan    laporan    kegiatan   penelitian dan  pengabdian    masyarakat   oleh  dosen;
  5. Membantu    Ketua   Jurusan   dalam    memantau   produktifitas    Penelitian     dan Pengabdian    Masyarakat   dosen  di Jurusan  Gizi
  6. Membuat,       melaksanak;an,       mengevaluasi,       mendokumentasikan       scrta melaporkan  kesesuaian pelaksanaan    Standard Operating Procedure terkait unitnya;dan
  7. Bertanggung    jawab    dan   melaporkan     hasil   kerjanya     kepada    Ketua   Jurusan setiap   3 (tiga)   bulan    sekali.

Unit  Publikasi

Unit  Publikasi   bertugas   :

  1. Membantu   Ketua/  Sekretaris   Jurusan  dalam    pengelolaan    IJHN   (Indonesian Journal  of Human  Nutrition);
  2. Membantu      Ketua/Sekretaris      Jurusan    dalam     monitoring    evaluasi     jurnal dan  website;
  3. Membuat,        melaksanakan,          mengevaluasi,        mendokumentasikan          serta melaporkan    kesesuaian    pelaksanaan    Standard Operating  Procedure  terkait unitnya;dan
  4. Bertanggungjawab     dan    melaporkan     hasil  kerjasamanya    kepada     Jurusan setiap   3 (tiga)  bulan   sekali.

Ketua  Program Studi

Ketua   Program    Studi   mempunyai   tugas:

    1. menyusun     program    kerja     sebagai     pedoman    kerja     dengan     prmsip efisiensi,    akuntabilitas,    dan   transparansi;
    2. memimpin   dan   melaksanakanfungsi   manajerial   program   studi   untukpengendalian   pelaksanaanproses      kegiatan      akademik      serta pengadministrasian     kegiatan  pendukungnya;
    3. melakukan   koordinasi    dengan    Ketua   Jurusan   dalam    hal  penyusunan kebijakan  mutu  dan   sasaran  mutu;   dan
    4. mengelola     pelaksanaan   pendidikan    program   studi   untuk  pencapaian kompetensi       peserta     didik     sesuai     dengan      kurikulum    yang     telah ditetapkan   oleh  pimpinan    fakultas   dengan    bekerjasama   dengan    pihak terkait  (Kolegium   / Asosiasi).

Ketua   Program    Studi   mengemban   fungsi   terealisasinya:

  1. koordinasi     semua     stakeholder    untuk     mengimplementasikan       dan berpartisipasi       dalam      pengembangan       kurikulum      yang       dibuat Kolegium/   Asosiasi;
  2. koordinasi   dengan  ketua   jurusan    dan   sekretaris  jurusan   serta   kepala Departemen/Laboratorium        dalam       melakukan     penjarnman       mutu akademik;
  3. koordinasi    dengan      Ketua    Jurusan    dan     Sekretaris    Jurusan    serta Kepala  Departemen/ Laboratorium   dalam menyusun rencana  dan pertanggungjawaban     penerimaan   mahasiswa;
  4. pertanggungjawaban     dan    kerjasama   dengan        Ketua    Jurusan   dan Sekretaris Jurusan  dalam   persiapan     Akreditasi    Program Studi;
  5. program  kerja   untuk    pengembangan    rnutu   pendidikan;
  6. program       unggulan      yang     rnemperkuat      eksistensi         program     studi berdasar   rencana   pengembangan    fakultas;
  7. penyusunan        rencana       dan       koordinasi         kegiatan        pelaksanaan praktikum/ stase   lapangan   mahasiswa;
  8. koordinasi     penyusunan       konsep      rencana     pembelajaran       semester berdasarkan    ketentuan  yang   berlaku;
  9. pembuatan    pembagian    tugas  perkuliahan    dan   beban  rnengajar    dosen;
  10. penyusunan instrumen monitoring  pelaksanaan  perkuliahan  dan implementasinya        sesuai     dengan      ketentuan      yang    berlaku      untuk meningkatkan     mutu  Program Studi;
  11. monitoring   dan   pencapaian   kompetensi   dan   menentukan    keberhasilan studi   mahasiswa,   serta  melakukan    evaluasi   terhadap     lama   studi  para mahasiswa;
  12. studi   pelacakan    terhadap   mahasiswa,    alumni   dan  pengguna   lulusan;
  13. masukan    tentang    kinerja   para    dosen     dan    karyawan    administrasi kepada    ketua   jurusan;
  14. pemberian     dan    atau   pengusulan     sanksi   untuk    mahasiswa    kepada ketua   jurusan  sesuai   aturan yang   berlaku;
  15. penyusunan    laporan    kinerja    program   studi    baik    melalui    pangkalan data perguruan  tinggi,   dan  atau  borang   akreditasi;
  16. pengusulan    perencanaan     dan   pengembangan    Sumber   Daya   Manusia;dan
  17. pengelolaan    surat-surat    yang   berkaitan   dengan  mahasiswa   (ijin   cuti, ijin,   perpanjangan   studi  dan  kegiatan-kegiatan     mahasiswa).

Unit  Kurikulum  Program Studi   Sarjana Ilmu  Gizi

1. Dalam   menjalankan    fungsinya  unit   kurikulum   didukung  oleh  administrasi akademik dan   kemahasiswaan;

2. Didalam    keanggotaan Unit  Kurikulum terdapat koordinator Dosen Kelompok    Bidang Peminatan Gizi  Klinik,   Gizi  Komunitas    dan  Gizi     Intitusi yang   bertugas  :

  • Melakukan evaluasi topik perkuliahan dalam   kaitannya dengan pencapaian   kompetensi;
  • Memastikan pencapaian kompetensi mata  kuliah sesuai dengan tingkatan  pencapaian   kompetensi    yang  ditetapkan;
  • Berkoordinasi dengan penanggung jawab mata kuliah mengenai penetapan beban mata kuliah
  • Berkoordinasi dengan penanggung jawab mata kuliah mengenai penerapan kurikulum dalam perkuliahan di tiap semester
  • Melakukan     evaluasi     mutu    dan   metode    ujian    pada    setiap   tahap    proses belajar   mengajar;
  • Bersama Tim  Dosen  Kelompok Bidang Peminatan mempersiapkan, melaksanakan,  dan   mengevaluasi proses   PBL:

3. Persiapan  pelaksanaan PBL:

  • Menyusun skenario
  • Membuat soal   ujian   tulis    dan    praktik/OSCE     serta    menentukan penguji    dan   pasien  standar
  • Merencanakankuliah  pakar  dan   pematerinya     dalam  proses   belajar mengajar  metode  PBL

4. Pelaksanaan PBL  :

  • Menghadiri    presentasi   mahasiswa  pada  DK4
  • Mengevaluasi    dan     menilai   lembar     kerja    mahasiswa     ( student worksheet  dan  log  book  lab  skiil)
  • Mengevaluasi   dan  menilai   laporan    kelompok
  • Mengevaluasi   dan  menilai   ujian tulis   dan   ujian   praktik/OSCE
  • Membuat   soal  untuk    ujian perbaikan/remedial
  • Mengevaluasi    dan  menilai ujian  perbaikan

4. Evaluasi   PBL  :

  1. Mengevaluasi   skenario berdasarkan masukan dari fasilitator dan hasil diskusi mahasiswa
  2. Melakukan     tindak lanjut perbaikan    skenario  berdasarkan   evaluasi

5. Bersama  dengan  tim  Kelompok   Dosen   Peminatan  menyusun   kegiatan pengembangan     bidang   peminatan     melalui    penelitian,

pelatihan,     dan pendidikan  berkelanjutan;

6. Membantu     Ketua  Jurusan  dalam   memantau   Produktifitas   Penelitian    oleh Staf Dosen   Jurusan  Gizi terkait  bidang   peminatan;

7. Unit  Kurikulum   Sarjana    Ilmu   Gizi juga bertugas  dalam:

  • Menyusun      dan    mengembangkan     kurikulum    berbasis   kompetensi     S 1 Gizi;
  • Mengevaluasi    kurikulum  dan   PBM secara  berkesinambungan;
  • Menetapkan   tujuan   pembelajaran   baik   tujuan  umum     maupun  tujuan khusus    yang   harus    dicapai    untuk    masing-masing   mata   kuliah    dengan mengacu   pada   pencapaian   kompetensi;
  • Merencanakan, memantau belajar dan mengevaluasi pelaksanaan proses mengajar;
  • Berkoordinasi     dengan    Administrasi   Akademik   dan   Administrasi   umum dan Barang       Milik      Negara     untuk        mempersiapkan        kebutuhan administrasi            dan    sarana/prasarana    yang   terkait     dengan     pelaksanaan pendidikan  akademik;
  • Berkoordinasi    dengan      Administrasi      Akademik     dan     kernahasiswaan dalam   verifikasi  nilai  sebagai    syarat   yudisium   sarjana    Gizi;
  • Memantau   dan   mengevaluasi    keberhasilan      studi;
  • Memberikan       masukan     kepada      Ketua     Jurusan    untuk   memberikan peringatan    dini   kepada    mahasiswa     bermasalah;
  • Memberikan      masukan   kepada    Ketua   Jurusan    atau    Sekretaris    Jurusan mengenai  alternatif   rencana   studi   bagi  mahasiswa     bermasalah;
  • Memberikan        masukan     kepada       Ketua      Jurusan      terkait       kebijakan akademik;
  • Berkoordinasi    dengan    PJMK  Togas    Akhir    mengenai      monitoring     clan evaluasi  pelaksanaan    Togas   Akhir;
  • Berkoordinasi        dengan    Administrasi      akademik      dan     kemahasiswaan terkait    pengajuan   Surat   Keputusan    /  Surat   Togas  di bidang   pendidikan;
  • Membuat,     melaksanakan,       mengevaluasi,       mendokumentasikan        serta melaporkan    kesesuaian       pelaksanaan       Standard   Operating      Procedure terkait  unitnya;  dan
  • Bertanggung     jawab     dan     melaporkan       hasil     kerjanya      kepada      Ketua Program    Studi   setiap   3 (tiga)  bulan   sekali.

Administrasi  Kepegawaian

Administrasi    Kepegawaian   bertugas    :

  1. Berkoordinasi     dengan     Ketua    dan    Sekretaris    Jurusan   untuk  merencanakan dan  melaksanakan     kegiatan   Jurusan;
  2. Berkoordinasi       dengan       Ketua      dan      Sekretaris    Jurusan      terkait    proses persuratan   yang   menyangkut  kepegawaian    di Jurusan;
  3. Menyiapkan Surat Keputusan dan Surat Tugas terkait bidang penelitian, pengabdian masyarakat dan penunjang
  4. Berkoordinasi           dengan          Ketua         dan         sekretaris         Jurusan      untuk mendokumentasian    capaian   kinerja   dan  laporan    Jurusan;
  5. Mendokumentasikan        semua       surat      masuk    dan      keluar     di    lingkungan jurusan;dan
  6. Melaporkan    hasil   tugasnya  kepada    Ketua  Jurusan  setiap   3 (tiga)   bulan   sekali.

Administrasi  Akademik dan Kemahasiswaan

Administrasi   Akademik  dan   Kemahasiswaan    bertugas:

  1. Berkoordinasi   dengan   unit    kurikulum  untuk   merencanakan   dan   menyusun jadwal   perkuliahan;
  2. Berkoordinasi     dengan    Bagian     Umum     dan    Barang    Milik   Negara     Fakultas untuk           menyiapkan    fasilitas    proses belajar   mengajar;
  3. Menyiapkan      jadwal     ujian     mahasiswa      (UTS,   UAS,     Ujian    Perbaikan,      Ujian Khusus);
  4. Menyiapkan    dan   melaksanakan    kegiatan   pra  yudisium   dan  yudisium   (dengan Bagian   Akademik     dan   kemahasiswaan,    Bagian    Keuangan    dan   Kepegawaian Fakultas);
  5. Berkoordinasi      dengan    unit     kurikulum     terkait      dengan      pengajuan     Surat Keputusan  dan   Surat  tugas  di bidang pendidikan;
  6. Mempersiapkan       transkrip   dan   ijazah   mahasiswa    (dengan   BAAK Universitas);
  7. Memperbarui    data-data   PDPT   Program Studi  setiap   semester;
  8. Berkoordinasi     dengan     PJMK     untuk       menyiapkan       dan     menindaklanjuti perizinan      mata     kuliah     praktik   (Intermonev    Community    dan     Pre   Dietetic Internship);
  9. Berkoordinasi     dengan     PJMK   untuk   menyiapkan      surat-surat   terkait     dosen luar  biasa   dan   dosen   tamu;
  10. Berkoordinasi    dengan   Unit   Proses   Belajar    Mengajar    untuk    menyebarluaskan kuesioner   evaluasi   proses  belajar    mengajar  dan  kurikulum;
  11. Berkoordinasi    dengan  PJMK  untuk  mengkompilasi     nilai-nilai   dan   melakukan sosialisasi    nilai  ujian kepada    mahasiswa;
  12. Berkoordinasi    dengan Unit  publikasi  terkait   pengelolaan    web  jurusan;
  13. Berkoordinasi   dengan    PJMK  Tugas   Akhir  dalam   sosialisasi    nama   pembimbing Tugas   Akhir   kepada    mahasiswa;
  14. Berkoordinasi      dengan     PJMK   Tugas    Akhir    dalam    penentuan   penguji    ujian Tugas   Akhir  mahasiswa;
  15. Melakukan      review     persyaratan     ujian   Tugas     Akhir     dan     mempersiapkan persuratan     terkait    dengan    pelaksanaan    ujian   proposal   dan   ujian akhir   Tugas Akhir;
  16. Berkoordinasi      dengan      PJMK   Tugas     Akhir    dalam     melakukan    monitoring penyelesaian         tugas     akhir   mahasiswa   antara    lain    mengidentifikasi      lama waktu   penyelesaian    tugas   akhir   dan  jumlah    bimbingan  tugas   akhir;
  17. Berkoordinasi    dengan     PJMK   Tugas    Akhir   dan   Tim  Kurikulum    Sarjana   Ilmu Gizi  dalam    monitoring   mahasiswa    yang   terlambat   melakukan   ujian   proposal dan  ujian   Tugas   Akhir;
  18. Berkoordinasi   dengan    Tim  Kurikulum   Sarjana    Ilmu   Gizi  dalam  mengevaluasi penyelenggaraan     Tugas    Akhir   kepada mahasiswa    terkait    evaluasi    performa dosen   dan   pembimbing  Tugas Akhir;
  19. Melakukan    cek  kemiripan   artikel  majalah   Tugas   Akhir   mahasiswa;
  20. Mengelola   naskah    Tugas   Akhir   dan  form  pengumpulan    Tugas   Akhir;dan
  21. Membuat,        melaksanakan,         rnengevaluasi,       mendokumentasikan        serta melaporkan  kesesuaian   pelaksanaan   Standard Operating Procedure terkait administrasi   akademik  dan   kemahasiswaan.

Administrasi Keuangan

  1. Berkoordinasi setiap   bulan;dengan    Ketua/ Sekretaris  Jurusan untuk   pengajuan  anggaran
  2. Berkoordinasi dengan   Koordinator   Bidang   untuk pengajuan   anggaran   setiap tahun;
  3. Melaporkan    pengeluaran    anggaran  tiap  bulan   (UYHD);
  4. Melakukan    pembayaran    honorarium   untuk  dosen,    PJMK,   dan  Tim
  5. Menyiapkan     anggaran   dan   laporan    untuk  kedinasan;
  6. Bersama      dengan      PJMK  melakukan      pengajuan       dan     pelaporan  anggaran praktik; dan
  7. Melaporkan      hasil    tugasnya    kepada   Kepala    Jurusan   setiap     3   (tiga)   bulan sekali.

Administrasi Umum  dan Barang Milik Negara

Administrasi  umum dan  barang   milik negara bertugas:

  1. Bekerja  sama  dengan    unit  kurikulum  di Jurusan Gizi dan  Bagian  Umum  dan Barang   Milik Negara  di   Fakultas  untuk  memfasilitasi  sarana  dan  prasarana guna  menunjang proses  pembelajaran;
  2. Mengkoordinir   usulan sarana prasarana yang  diperlukan  oleh  jurusan  kepada pihak  fakultas;
  3. Melakukan   tindak lanjut   terkait  usulan sarana prasarana;
  4. Mengelola    ruang   baca   jurusan   mulai   dari   alur   peminjaman   dan   inventaris koleksi   buku;dan
  5. Melaporkan   hasil   tugasnya   kepada  Ketua     Jurusan   setiap  3  (tiga)   bulan sekali.