Jurusan Gizi

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 2 September 2016 , oleh angga , pada kategori Info gizi

Gizi untuk 1000 Hari Pertama Kehidupan

Oleh: Widya Rahmawati/Nia Novita Wirawan

Seribu hari pertama kehidupan (lebih sering disingkat sebagai 1000 HPK) merupakan masa awal proses kehidupan manusia yang dimulai sejak masa kehamilan (janin masih di dalam kandungan), masa bayi hingga anak berusia 2 tahun.

Mengapa gizi optimal sangat diperlukan pada masa 1000 HPK?

Dalam periode 1000 HPK ini terjadi proses pembentukan dan perkembangan yang sangat cepat, dan hal ini sangat menentukan status kesehatan fisik, kesehatan dan kecerdasan (kognitif) pada masa yang akan datang. Jika gizi tidak diberikan secara optimal pada masa ini, maka anak tidak bisa mencapai tinggi badan potensial (menjadi lebih pendek), daya tahan tubuh tidak optimal, perkembangan kognitif menjadi tidak optimal (penurunan IQ), peningkatan resiko obesitas serta penyakit degeneratif pada masa dewasa nanti. Jangka panjang, hal ini akan berdampak negatif terhadap kualitas generasi bangsa yang akan datang.

Apa saja yang perlu kita perhatikan agar gizi 1000 HPK dapat optimal?

Agar keadaan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan dapat optimal, kita perlu memperhatikan:

  1. Pada saat sebelum kehamilan. Pada saat calon ibu merencanakan kehamilan, ibu perlu memastikan keadaan gizi dan kesehatan optimal.
  2. Pada saat ibu mengandung. Selama dalam masa kehamilan, ibu penting untuk diperhatikan karena keadaan gizi pada saat ibu hamil sangat menentukan status kesehatan ibu dan proses pertumbuhan dan perkembangan janin yang dikandungnya.
  3. Pada saat bayi berusia 0-6 bulan. Usia 0-6 bulan merupakan masa terjadinya pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat. Untuk itu, bayi memerlukan gizi optimal. Satu-satunya makanan yang paling sempurna untuk bayi usia 0-6 adalah air susu ibu (ASI). Untuk itu bayi usia 0-6 bulan perlu diberikan ASI Eksklusif, atau ASI saja tanpa penambahan makanan atau minuman lain hingga bayi berusia 6 bulan.
  4. Pada saat anak berusia 6 bulan – 2 tahun. Usia 6-12 bulan merupakan masa yang kritis karena anak mulai diperkenalkan beberapa Makanan Pendamping ASI (MP-ASI). Masa ini sangat menentukan pola makan anak pada masa yang akan datang. MP-ASI diberikan secara bertahap bentuk, frekuensi, jenis dan jumlah-nya dengan usia anak. Pada saat anak berusia 1-2 tahun, secara bertahap mulai diberikan makanan keluarga. ASI tetap diberikan hingga anak berusia 2 tahun.

Dengan memperhatikan kualitas gizi pada 1000 HPK, semoga kita dapat menyumbangkan generasi emas yang memiliki kualitas kesehatan, intelektual dan produktivitas yang dapat memajukan bangsa dan negara pada masa yang akan datang.