Jurusan Gizi

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Ditulis pada 2 Agustus 2017 , oleh admin gizi

Unit kerja melaksanakan tinjauan sistem manajemen mutu secara periodik, berdasarkan kebutuhan organisasi, untuk menilai keefektifan sistem manajemen mutu dalam pemenuhan persyaratan sasaran mutu dan kepuasan pelanggan.

Tinjauan manajemen mencakup pengkaji ulangan dari hasil audit, umpan balik pelanggan, kinerja proses dan kesesuaian produk, status tindakan pencegahan dan tindakan korektif, tindak lanjut tinjauan manajemen yang lalu, perubahan yang dapat mempengaruhi sistem manajemen mutu, dan saran untuk koreksi.

Keluaran tinjauan berupa data yang berguna dalam perencanaan strategis untuk mendukung peningkatan kinerja sistem manajemen mutu.  Tinjauan sistem manajemen mutu mencakup setiap keputusan dan tindakan yang berkaitan dengan koreksi pada efektifitas sistem manajemen mutu dan prosesnya, koreksi pada produk berkaitan dengan persyaratan pelanggan, dan sumber daya yang diperlukan.

Tinjauan manajemen dilakukan secara berkala setidaknya dua kali dalam setahun dan dikoordinasi oleh MR. Tinjauan manejemen meliputi tindak lanjut audit internal setelah selesai dilakukan Audit Internal Mutu (AIM) dengan cara mengadakan pertemuan antara Ketua Jurusan, MR, dan Tim UJM, dalam rangka melihat, mengevaluasi hasil AIM dan memperbaiki jika ada kekurangan dan mencegah adanya penyimpangan serta meningkatkan mutu jika hasil AIM sudah baik. Selain itu juga mengevaluasi sasaran mutu yang telah ditetapkan baik dalam kaitannya dengan proses belajar mengajar maupun hasil evaluasi kepuasan pelanggan. Audit kinerja dari setiap bidang akan dilakukan secara berkala setidaknya sekali dalam setahun dan dikoordinasikan oleh MR.

Hasil tinjauan manajemen akan disampaikan kepada semua dosen dan tenaga kependidikan pada saat rapat rutin Jurusan/Jurusan. Rekaman tinjauan manajemen dipelihara. Tinjauan SMM mencakup tinjauan periodik terjadual dari sistem prosedur/instruksi dan pendukung, kepuasan mahasiswa, kriteria penilaian, hasil evaluasi, tinjauan desain dan pengembangan kurikulum. Sebagai hasil tinjauan SMM, Ketua Jurusan melaksanakan tindak lanjut untuk meningkatkan kinerja SMM dan prosesnya.

Tinjauan manajemen dan menjadi bagian penting dalam peningkatan berkesinambungan. Salah satu materi dalam tinjauan manajemen adalah hsil Lingkungan kerja dan suasana kampus dievaluasi secara periodic untuk menciptakan suasana akademik yang kondusif dan meningkatkan kemitraan mahasiswa dan dosen.